Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 17 Juni 2023, 15:46 WIB
Last Updated 2023-06-20T06:41:23Z
Potensi DaerahTubanViewerViral

Berkah Idul Adha, Produsen Arang Batok Kelapa di Tuban Kebanjiran Pesanan


TUBAN - Produsen arang berbahan batok kelapa di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Sabtu (17/06/2023) pagi, nampak sangat sibuk. Mereka harus bekerja ekstra untuk memenuhi pesanan yang terus bertambah sejak satu minggu terakhir.

Kebiasaan masyarakat memasak daging kurban pada perayaan Idul Adha membuat permintaan arang terus meningkat. Jika hari biasa, Ismawati, pemilik produksi arang ini hanya memproduksi 4 kuintal arang batok dalam seminggu.

Namun, jelang idul adha ini, ia harus memproduksi 6 kuintal arang batok dalam seminggu untuk memenuhi pesanan yang datang. “Biasanya itu seminggu hanya dua kali produksi, tapi sekarang tiga kali, karena banyak pesanan. Sekali produksi dua kuintal,” terang Ismawati.

Lanjutnya, satu kilo arang batok yang sudah jadi dijual dengan harga Rp.8.000. Arang berbahan dasar batok kelapa ini disetorkan ke sejumlah pedagang arang di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Tuban.

“Kalau saya ini kan tinggal setorkan ke pedagang. Jadi yang pesan banyak itu dari pedagang karena banyak warga yang pesan untuk persiapan bakar sate,” ungkap wanita 50 tahun ini.

Terdapat berbagai jenis arang, diantaranya arang kayu, arang batok kelapa, arang briket serta arang sekam padi. Namun arang batok kelapa lebih digemari, karena menghasilkan panas merata dan tahan lama, sehingga cocok untuk bakar sate membakar sate daging kambing maupun sapi. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News