Iklan Beranda

Redaksi JTV
Senin, 12 Juni 2023, 18:44 WIB
Last Updated 2023-06-12T11:44:45Z
BojonegoroPolitik | PemerintahanViewerViral

FJTB Gelar Sekolah Jurnalistik dan Literasi Digital di SMKN 3 Bojonegoro


BOJONEGORO - Forum Jurnalis Televisi Bojonegoro (FJTB), menggelar kegiatan sekolah jurnalistik dan literasi digital di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Bojonegoro, Jalan Panglima Polim, Senin (12/06/2023).

Acara yang digelar di ruang studio produksi & siaran program televisi (PSPT) SMKN 3 lantai 2 ini, diikuti sebanyak 50 peserta dari jurusan PSPT yang sebelumnya disebut multimedia.

Ketua FJTB Bambang Yulianto mengatakan, jika kegiatan di sekolah tersebut merupakan hasil kerja sama dengan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur wilayah Bojonegoro – Tuban. 

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program yang akan dilakukan di sejumlah sekolah tingkat SLTA di Bojonegoro tahun 2023,” ungkapnya.

Selain ilmu jurnalistik, para siswa juga diberi pengetahuan tentang literasi digital, terutama terkait hoaks di media sosial serta keamanan digital. 

“Saat tahun politik jelang pemilu ini, biasanya tren penyebaran hoaks meningkat,” imbuhnya.

Kegiatan ini menghadirkan 2 orang narasumber, yaitu Dedi Mahdi Jurnalis MNC Media, serta Bhagas Dani Purwoko dari Radar Bojonegoro yang bersertifikasi trainer Google News Initiative.

Turut hadir Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdin) Provinsi Jatim wilayah Bojonegoro – Tuban Adi Prayitno bersama Kasi SMK, didampingi Kepala Sekolah SMKN 3 Bojonegoro Cipto beserta sejumlah guru.

Selain mempunyai pengetahuan tentang jurnalistik, Kacabdin Adi Prayitno dalam sambutannya berharap, para siswa lebih cerdas dan kritis dalam menerima informasi dari media sosial, agar tidak mudah termakan hoaks. (*)