Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 12 Juni 2023, 15:54 WIB
Last Updated 2023-06-13T06:34:58Z
BojonegoroHukum | PeristiwaViewerViral

Gempa Magnitudo 4.0 Guncang Bojonegoro, Tak Ada Kerusakan Maupun Korban


BOJONEGORO - Masyarakat di Kabupaten Bojonegoro dikejutkan dengan guncangan gempa berkekuatan magnitudo 4.0 pada senin pagi (12/06/2023) pukul 08:04 WIB. Berdasarkan rilis dari Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), pusat gempa terjadi di 3 kilometer barat laut Bojonegoro dengan kedalaman 7 kilometer.

Guncangan gempa, sempat dirasakan warga di sejumlah Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro. Sukasir, salah satu warga Desa Pagerwesi, Kecamatan Trucuk, Bojonegoro yang merasakan gempa mengungkapkan, guncangan gempa sempat dirasakan 2 kali dengan getaran yang dirasakan cukup keras.

Saat itu, dirinya merasakan gempa saat tengah menyalakan sepeda motor di depan rumah. “Saya tadi merasakan dua kali (Gempa). Kekuatan gempa saat ini paling parah getarannya dibanding gempa-gempa sebelumnya yang pernah dirasakan disini (Bojonegoro),” terangnya kepada JTV.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bojonegoro, Ardhian Orianto mengatakan, gempa terjadi di barat laut Bojonegoro Kota, tepatnya di daerah sekitar Kecamatan Trucuk yang berbatasan dengan Dusun Ponco, Desa Suciharjo, Kecamatan Parengan, Kabupaten Tuban.

Hingga saat ini, pihak BPBD Bojonegoro belum menerima adanya laporan terkait dampak kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa bum ini. “Namun, informasi yang kami terima getaran gempa ini sempat dirasakan di 5 kecamatan. Yakni di Kecamatan Bojonegoro Kota, Trucuk, Kapas, Malo dan Kecamatan Sumberjo,” ungkapnya.

Pihak BPBD setempat, saat ini tengah melakukan assesment untuk mendata apakah ada kerusakan bangunan serta melakukan mitigasi paska kejadian. Jika nantinya ada laporan kerusakan bangunan atau rumah warga, maka akan diberikan bantuan dari Pemkab Bojonegoro. (edo/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News