Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 21 Juni 2023, 16:10 WIB
Last Updated 2023-06-21T09:10:08Z
Kabar ApikViewerViral

Tingkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan, PT PLN UP3 Bojonegoro Gelar Godehpelu


KABAR APIK - PT PLN Persero Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan atau UP3 Bojonegoro, terus berupaya meningkatkan kualitas dan pelayanannya kepada masyarakat dalam penyediaan listrik.

Salah satunya dengan menggelar acara gropyok dan eksekusi pemeliharaan penyulang langsung tuntas atau biasa dikenal godehpelu. Acara ini salah satunya digelar di Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban, rabu (21/06/2023) pagi.

Kata godehpelu, tentu tidak asing lagi bagi sebagian warga Bojonegoro, Tuban dan Lamongan. Kata ini identik dengan nama makanan sego lodeh tempe telu, yang bisa dinikmati dengan harga cukup terjangkau.

Nah, terinspirasi dari makanan itulah kemudian tercetus program gropyok dan eksekusi pemeliharaan penyulang langsung tuntas atau godehpelu Bojonegoro.

Asisten Manager Jaringan PT PLN UP3 Bojonegoro, Erwin Budi Prasetyo mengatakan, acara godehpelu bertujuan untuk peningkatan keandalan jaringan dengan melaksanakan borderless regu pemelihara preventif, antara unit layanan pelanggan setiap hari rabu tiap minggunya.

“Kegiatan tersebut terbagi dalam 2 zona, yaitu zona barat meliputi ULP Bojonegoro, ULP Sumberjo, ULP Padangan, dan ULP Jatirogo. Dan zona timur meliputi ULP Lamongan, ULP Babat, ULP Brondong dan ULP Tuban,” terang Erwin.

Kegiatan godehpelu ini berupa pekerjaan rabas pohon dan pemeliharaan konstruksi, serta gardu distribusi yang ada di masing masing ULP dengan tingkat prioritas utama hasil inspeksi melalui aplikasi Asiik Ultra. Kegiatan godehpelu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas keandalan pasokan listrik dalam menunjang kehidupan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Bojonegoro, Tuban dan Lamongan.

“Program ini dilaksanakan dengan berkolaborasi antara ULP dan dikawal oleh masing-masing manager ULP, serta team leader teknik ULP,” imbuh Erwin.

Pantauan di lokasi acara, sebelum melaksanakan kegiatan sebanyak 47 personil gabungan dari delapan Unit PLN Se-UP3 Bojonegoro diterjunkan untuk mengamankan jaringan 20 KV sesuai dengan jarak aman right of way (row). Khususnya terhadap potensi pohon mendekati jaringan pln, agar program ini berjalan efektif dan maksimal, serta K2 dan K3 dapat terjaga.

Sebelum melaksanakan kegiatan, para personil gabungan terlebih dahulu melaksanakan apel kegiatan yang dipimpin oleh Asisten Manager Jaringan UP3 Bojonegoro. Mereka kemudian diberikan arahan dan dilakukan pengecekan kelengkapan keamanan.

Setelah itu, 47 personil yang dibagi menjadi 8 tim, kemudian menyebar di beberapa titik, untuk bahu-membahu melakukan pemotongan pohon yang berpotensi mengganggu jaringan PLN.

“Tim dari UP3 Bojonegoro rutin melaksanakan agenda godehpelu setiap hari rabu, terkait pemeliharaan penyulang khususnya terkait penyebab yang sering terjadi row atau pohon,” tandas Erwin.

Lanjutnya, di dalam program rutin godehpelu yaitu gropyok dan eksekusi pemeliharaan row secara tuntas, dilaksanakan pemeliharaan dan pengamanan aset kelistrikan secara rutin dan berkala. Mulai dari gardu induk sampai dengan titik lokasi pelanggan, demi menjamin kepuasan dan kenyamanan masyarakat.

Sementara itu, kegiatan godehpelu disambut baik oleh pelanggan PLN. Mereka yang sebelumnya sering merasa was-was dengan pohon-pohon yang mengganggu aliran listrik, kini tak lagi khawatir karena rutin dipangkas oleh petugas PLN.

“Sangat membantu dan memberikan kenyamanan kepada pelanggan. Listrik itu kan kalau orang awam takut, jadi upaya seperti ini memang harus dilakukan PLN,” tegas Darwati, pelanggan listrik PLN.

Warga juga mengaku puas dengan layanan PT PLN UP3 Bojonegoro. Pemeliharaan dan pengamanan aset kelistrikan secara rutin dan berkala yang dilakukan PLN juga mendapat apresiasi dari warga.

“Kalau kegiatan ini rutin digelar kan, nggak akan terjadi kejadian-kejadian listrik padam akibat tertimpa pohon. Kami apresiasi ini,” tandas Abdul Ghofur, pelanggan lain.

Sementara itu, PT PLN UP3 Bojonegoro menghimbau kepada masyarakat agar turut menjaga kontinuitas supplay listrik dengan menjaga jarak aman jaringan PLN 2P KV minimal 3 meter terhadap pohon bangunan maupun potensi benda lainnya.

Sementara itu, kegiatan godehpelu ini sebagai wujud komitmen PLN dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, menjaga kontinuitas pasokan listrik yang aman, andal, dan berkualitas. (*/edo/rok)