Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 11 Juli 2023, 15:48 WIB
Last Updated 2023-07-11T08:48:52Z
Pojok PituPotensi Daerah

Melihat Inovasi Minuman Biji Kurma Menyehatkan di Jombang


JOMBANG - Di halaman rumah Muhamad Nuhin di Desa Ngrandulor, Kecamatan  Peterongan, Kabupaten Jombang, ribuan biji kurma terlihat dijemur. Penjemuran dilakukan dibawah terik matahari secara langsung.

Oleh para pekerja, biji kurma yang telah kering dan tidak lengket di bawa masuk untuk proses sangrai.Selanjutnya, buah khas timur tengah ini dimasukan dalam mesin sangrai manual.

Dengan menggunakan api sedang, mesin ini terus berputar. Setelah tampak gosong baru dikeluarkan dan didinginkan sebelum dibawa ke mesin penghalus biji kurma. Dalam hitungan menit, biji kurma ini langsung menjadi halus dan siap dikemas sesuai ukuran pemesannya.

Muhamad Nuhin, pemilik usaha kopi biji kurma ini mengaku awalnya hanya mencoba melayani permintaan temannya. Setelah dicoba ternyata rasa dan aroma harum kurma menjadi daya tarik tersendiri.

“Apalagi dalam sejumlah literasi biji kurma ini memiliki khasiat untuk mengurangi kolesterol, asam urat hingga darah tinggi. Meski awalnya coba-coba sekarang malah jadi daya tarik,” terangnya kepada JTV, Selasa (11/07/2023).

Lanjut Nuhin, minuman yang diberi nama kopi biji kurma inipun langsung laris dan banyak pemesannya. Dengan tambahan jahe dan kapulogo sensasi minuman ini semakin terasa.

“Untuk pasar, saat ini masih di seputaran Kabupaten dan Kota di Jawa Timur,” cetusnya.

Harga yang dipatok pun cukup terjangkau, yakni 20 ribu rupiah untuk ukuran 200 gram. Banyaknya biji kurma membuat pemilik usaha tidak kesulitan jika mendapatkan pesanan alam jumlah banyak minuman berkhasiat tersebut. (ful/rok)