Iklan Beranda

Redaksi JTV
Rabu, 23 Agustus 2023, 00:10 WIB
Last Updated 2023-08-22T17:14:01Z
BojonegoroViewerViral

Bentengi Pelajar dari Berita Hoax, FJTB Gelar Sekolah Jurnalistik & Literasi Digital

 
FJTB menggelar sekolah jurnalistik dan literasi digital di SMKN 5 Bojonegoro, Selasa (22/08/2023) 
BOJONEGORO - Forum Jurnalis Televisi Bojonegoro (FJTB) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Jawa Timur kembali menggelar program sekolah jurnalistik dan literasi digital. Kali ini, kegiatan digelar di SMK Negeri 5 Bojonegoro, Selasa (22/08/2023).

Acara yang berlangsung di ruang bengkel sekaligus dijadikan gedung serba guna ini, diikuti sebanyak 50 orang peserta, perwakilan dari masing-masing kelas.

Ketua Forum Jurnalis Televisi Bojonegoro, Bambang Yulianto mengatakan, kegiatan ini mendatangkan 2 orang narasumber. Masing-masing adalah Dedi Mahdi dari MNC Media dan Bagas Dhani Purwoko dari Radar Bojonegoro. Kedunya merupakan jurnalis yang terverifikasi cek fakta Google News Initiative asia pasifik.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Terutama dinas pendidikan Jawa Timur dan SMKN 5 Bojonegoro,” Kata jurnalis Media Group ini.


Pria yang akrab disapa Eeng ini menambahkan, jika tahun ini FJTB "road show" ke sejumlah SMA sederajat di Bojonegoro. Selain memberikan pengetahuan tentang jurnalistik, para peserta juga dibekali tentang literasi digital. Terutama terkait ancaman hoax dan keamanan beraktifitas di dunia maya menjelang tahun politik.


“Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menjelang pemilu tren berita bohong atau hoax di media sosial cukup meningkat. Dan kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk menangkalnya,” tegas Bambang Yulianto.


Sementara itu, wakil kepala sekolah bidang kehumasan SMKN 5 Bojonegoro, Burhanudin Joe, mengucapkan terima kasih kepada FJTB karena bersedia untuk berbagi ilmu kepada anak didiknya. Sedangkan para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut cukup antusias. 


Bahkan setelah acara ini digelar, pihak sekolah berencana mem-follow up-nya dengan membuat kelas khusus jurnalistik yang dijadikan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler.


“Kami sangat berterimakasih kepada teman-teman FJTB yang sudah berkenan berbagi dengan anak-anak didik kami. Selanjutnya kami akan membuat kelas khusus jurnalistik sebagai kegiatan ekstra kurikuler. Rencananya sebulan sekali kita mendatangkan teman-teman jurnalis ke sekolah,” jelasnya. (*/rok)