Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 01 Agustus 2023, 15:11 WIB
Last Updated 2023-08-01T08:11:38Z
Potensi DaerahTubanViewerViral

Berkah Kemerdekaan, Pengrajin Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Pesanan Agustusan


TUBAN - Mendekati hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-78, rumah Arifin di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, nampak sangat sibuk. Pengrajin kostum karnaval unik ini harus menyelesaikan sejumlah pesanan yang terus datang sejak sebulan terakhir.

Kostum karnaval kreasi seniman pantomim ini cukup banyak diminati masyarakat. Tak hanya bagus dan berkualitas, pembuatan kostum mengedepankan originalitas ide, sehingga memiliki ciri khas. Sementara konsepnya selalu mengangkat tradisi kedaerahan nusantara, seperti kebo-keboan Banyuwangi, reog Ponorogo, atau dayak Kalimantan.

Arifin mengaku, hingga awal bulan Agustus ini telah menerima sembilan pesanan membuat kostum baru. Minimnya tenaga pendukung dan lamanya proses produksi memaksa Arifin harus membatasi jumlah pesanan. Namun pria 42 tahun ini telah menyiapkan puluhan kostum jadi yang bisa disewa para pelanggan.

“Alhamdulillah tahun ini lumayan banyak pesanan. Setelah pandemi kita kembali seperti semula, banyak yang pesan. Sejauh ini sudah ada sembilan pesanan kostum baru,” ungkapnya saat ditemui JTV, Selasa (01/08/2023).

Lanjut Arifin, pemesanan kostum karnaval baru ini ia mematok harga minimal 5 juta rupiah sampai 10 juta rupiah per set. Sedangkan sewa kostum bervariasi antara 300 ribu sampai 1 juta 500 ribu tupiah per set, bergantung bentuk, model, dan ukuran.

“Kalau untuk kostum lama yang sudah pernah dipakai harganya lebih murah sekitar 3 jutaan. Tapi kalau beli buat pesan baru diatas lima juta, bahkan pernah sampai 10 juta,” tegasnya.

Kostum baru untuk dibeli kebanyakan dipesan pelanggan dari luar kota, seperti Lamongan, Gresik, Ngawi, Rembang, serta Pati, Jawa Tengah. Sementara pelanggan lokal Tuban lebih memilih sistem sewa kostum.

“Ini sebagian yang sudah kita garap ini tema Ponorogo, banyuwangi, dan kalimantan. Proses pembuatan butuh waktu satu mingguan,” cetus Arifin.

Tak hanya membuat kostum karnaval untuk perayaan agustusan tingkat Desa maupun antar sekolah, Arifin juga memproduksi kostum karnaval unik untuk ajang bergengsi tingkat nasional. (dzi/rok)