Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 16 Agustus 2023, 17:29 WIB
Last Updated 2023-08-16T10:29:24Z
HUT RIKabar ApikPolitik | PemerintahanViewerViral

DPRD Bojonegoro Gelar Rapat Paripurna Istimewa Dengar Pidato Kenegaraan Presiden RI


KABAR APIK - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro, menggelar rapat paripurna istimewa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka HUT RI ke 78 tahun 2023, di ruang paripurna DPRD setempat, Rabu (16/08/2023).

Rapat paripurna istimewa ini dihadiri Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah, Sekretaris Daerah Bojonegoro Nurul Azizah, pimpinan dan anggota DPRD Bojonegoro, Forkopimda, dan kepala OPD.

Paripurna istimewa dibuka oleh Ketua DPRD Bojonegoro Abdulloh Umar sekaligus pimpinan rapat. Abdulloh Umar menyampaikan, tema besar peringatan hari ulang tahun Republik Indonesia ke 78 adalah terus melaju untuk indonesia maju.

“Dalam rangka menjalin rasa kebersamaan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan, didalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan mengusung tema terus melaju untuk indonesia maju, hal ini merefkelsikan semangat bangsa indonesia untuk terus melanjutkan perjuangan dan pembangunan, berkolaborasi bersama untuk mewujudkan Indonesia maju,” katanya dalam pembukaan rapat.

Melalui ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 ini, Umar mengajak seluruh bangsa sebagai generasi penerus bangsa untuk melaju bersama dan mengelorakan semangat perjuangan, meneruskan cita cita luruh bangsa indonesia, serta mengisi kemerdekaan untuk indonesia maju.

Setelah dibuka, rapat paripurna istimewa ini dilanjutkan dengan agenda mendengarkan dan mengikuti rapat paripurna DPR RI, di gedung nusantara melalui virtual yang diikuti oleh para undangan yang hadir.

Selain itu, para peserta juga mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, dalam rangka penyampaian lapiran kinerja lembaga lembaga negara, dan pidato dalam rangka hut ke 78 kemerdekaan RI. Dalam pidato kenegaraanya, Jokowi mengampaikan, saat ini sudah memasuki tahun politik, yang mana suasana sudah mulai hangat dan tren di kalangan politisi dan parpol, seputar capres dan cawapres.

“Meskipun di tengah suasana politik, saya mengajak supaya masyarakat bersatu menjaga kerukunan, dan persatuanm” kata Presiden RI dalam pidatonya.

Selanjutnya, Jokowi juga menyinggung jika Indonesia mempunyai kesempatan besar untuk meraih indonesia emas di tahun 2045. Meraih posisi 5 besar kekuatan ekonomi dunia, dan tidak hanya peluang strategi meraihnya sudah dirumuskan.

“Semua tinggal apakah semua mau memfokuskan energi untuk bergerak maju, atau membuang energi untuk hal hal yang tidak produktif, yang memecah belah bahkan membuat langkah mundur,” terangnya.

Bonus demografi yang dimiliki Indonesia dan akan mencapai puncak di tahun 2030, ini merupakan peluanh besar untuk meraih peluang indonesia emas di tahun 2045. Dari data 65 persen penduduk berusia produktif, disinilah kunci peningkatan produktifitas nasional.

“Peluang besar yaitu internasional tras yang dimiliki Indonesia saat ini yang dibangun bukan sekedar gimik maupun restorika semata, melainkan melalui sebuah peran dan bukti nyata keberanian indonesia dalam bersikap,” tegas Jokowi.

Lanjutnya, saat ini Indonesia kedudukan di organisasi internasional dan di ASEAN konsisten menjunjung HAM, kemanusiaan dan kesetaraan. Selain itu, Presiden RI juga mengungkap kesuksesan indonesia dalam menghadapi krisis dunia 3 tahun terakhir ini, sehingga mendongkrak dan menempatkan Indonesia dalam peta percaturan dunia.

“Ditengah dunia yang tengah bergejolak akibat perbedaan. Indonesia dengan pancasila dan harmoni keberagamaannya, serta prinsip demokrasinya mampu menghadirkan ruang dialog, dan menjadi titik temu perbedaan yang ada,” pesannya.

Lebih lanjut, Jokowi juga memaparkan bahawa Indonesia berhasil menurunkan angka stunting menjadi 21,6 persen di tahun 2022 dari angka sebelumnya 37 persen. Selain itu Indonesia berhasil menaikan indeks pembangunan manusia menjadi 72,9 di tahun 2022. Kemudian indeks pembeedayaan gender menjadi 76,5 persen di tahun 2022, serta menyiapkan anggaran perlindungan sosial total mulai 2015 sampai 2023 sebesar 3.212 triliun.

“Termasuk didalamnya kartu indonesia sehat, indonesia pintar, kip kuliah, pkh, kartu sembako, serta perlindungan disabilitas, lansia dan kelompok lainnya. Disisi lain peningkatan tenaga kerja, melalui balai pelatihan kerja dan program pra kerja,” papar Jokowi.

Di akhir laporannya, Presiden Jokowi mengucapkan terimakasih lembaga pimpinan tinggi negara, para ulama, para tokoh agama, tokoh masyarakat, pemimpin adat, kepada partai politik, politisi, aparat pemerintah, TNI-Polri, serta kepada seluruh lapisan masyarakat yang telah memberikan dukungannya selama ini.

“Semoga tuhan yang maha esa senantiasa selalu mempermudah dalam meraih indonesia maju, yang sudah dicita-citakan,” pungkasnya.

Setelah mendengar pidato kenegaraan, rapat paripurana istimewa DPRD Bojonegoro kemudian ditutup oleh Abdulloh Umar selaku pimpinan rapat. (*/edo)