Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 14 Agustus 2023, 15:33 WIB
Last Updated 2023-08-14T09:10:03Z
Potensi DaerahTubanViewerViralWisata | Kuliner

Ibu Rumah Tangga di Tuban Hasilkan Cuan dari Jajanan Unik Coklat Lukis


TUBAN - Seorang ibu rumah tangga (IRT) di Kabupaten Tuban, mampu menghasilkan jajanan unik berbahan coklat yang digemari semua kalangan usia. Dengan sentuhan tangan kreatifnya, coklat dilukis menjadi berbagai karakter, sehingga lebih menarik dan kekinian. Usaha rumahan itu mampu mendatangkan cuan untuk menambah uang belanja dari suami.

IRT tersebut adalah Denok Winarni, warga Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Sejak tahun 2015 lalu, wanita berusia 43 tahun ini memproduksi berbagai jajanan unik berbahan coklat.

Salah satu jajanan yang sedang tren dan memiliki banyak penggemar saat ini adalah coklat lukis. Sesuai namanya, jajanan ini dibuat dari coklat asli yang dilukis menggunakan kuas kecil. Namun tak perlu khawatir, seluruh bahan dipastikan aman tanpa bahan pengawet maupun campuran cat pewarna.

Menurut Denok, membuat jajajan sudah menjadi hobi denok winarni sejak kecil yang hidup diantara keluarga produsen kue dan makanan. Berbekal kemampuan membuat berbagai jajanan, ibu dua anak ini mencari ide usaha yang berbeda dan belum banyak digeluti masyarakat sekitar.

“Untuk membuat coklat lukis karakter sebenarnya tidak terlalu sulit. Selain ide memadukan warna dan bentuk karakter, proses produksi membutuhkan kesabaran dan ketelatenan,” terangnya kepada JTV, Senin (14/08/2023).

Meski demikian, Denok Winarni mengaku tetap mampu memproduksi sebanyak seratus lima puluh biji coklat lukis karangter per hari. Coklat lukis karakter cukup laris. Pemasaran tak hanya lokal Tuban, tapi sudah sampai luar daerah. Diantaranta Malang, Jogjakarta, dan Samarinda.

Sementara harga dipatok bervariasi antara Rp3.000 sampai Rp5.000 per biji, bergantung ukuran. “Paling laris coklat lukis karakter. Pesanan selain dari Tuban juga dari Malang, Jogja sampai Kalimantan,” ungkapnya.

Bentuknya yang unik mampu menggugah rasa penasaran pelanggan untuk mencoba. Tak hanya cantik dipandang, jajanan coklat lukis ini ternyata juga enak disantap sambil santai. Rasa coklatnya manis dan berasa lumer di mulut.

“Rasanya enak, setiap coklat ada varian rasanya. Sering beli disini karena teman-teman juga sering beli disini,” ujar Savira, salah satu pelanggan.

Selain coklat lukis karakter, Denok Winarni juga membuat sejumlah jajanan unik berbahan coklat. Diantaranya coklat kerikil, selai coklat, coklat batangan, serta coklat sekali gigit. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News