Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 22 Agustus 2023, 15:04 WIB
Last Updated 2023-08-22T08:35:48Z
NgawiViewerViral

Musim Kemarau, Tepian Waduk di Ngawi Dimanfaatkan Warga untuk Lahan Pertanian


NGAWI - Sejumlah warga memanfaatkan lahan di sekitar tepian Waduk Pondok yang ada di Desa Dampit, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi untuk lahan pertanian. Pemanfaatan lahan ini telah seringkali dilakukan di musim kemarau saat volume waduk menyusut.

Komoditas tanaman yakni meliputi jagung dan juga padi. Salah satu petani setempat, Suyatno mengaku, jika pemanfaatan lahan waduk sudah dilakukan secara turun temurun.

“Kalau musim kemarau tepi waduk yang masih cukup air ditanami padi atau jagung. Ini sudah turun-temurun sejak dulu,” ungkapnya kepada JTV, Selasa (22/08/2023).

Namun, hal ini hanya bisa dilakukan saat musim kemarau, karena volume air waduk menyusut. Saat kondisi normal atau musim penghujan, warga malah tidak bisa melakukan karena lokasi daerah yang berada di perbukitan dan lahan tandus karena banyak bebatuan.

“Sehingga bisa dikatakan kalau musim kemarau ini menjadi berkah bagi warga di sekitaran waduk pondok sini,” ungkap Suyatno.

Sementara hasil pendataan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Ngawi tercatat, ada sekitar 1.000 hingga 2.000 lahan tanaman baik jagung maupun padi yang ditanam di sekitar waduk. Banyak warga yang memanfaatkan lahan tepi waduk untuk produktifitas pertanian. (ito/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News