Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Rabu, 20 September 2023, 16:28 WIB
Last Updated 2023-09-21T05:42:48Z
Kabar ApikPolitik | PemerintahanTMMDViewerViral

Bupati Bojonegoro Pimpin Upacara Pembukaan TMMD Imbangan Tahun 2023


KABAR APIK - Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah memimpin upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan tahun 2023 di Lapangan Desa Gondang, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Rabu (20/09/2023).

Turut hadir dalam upacara tersebut Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD Imbangan, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, jajaran pejabat Kodam V Brawijaya, jajaran pejabat Korem, Forkompimda, SKPD Bojonegoro, Camat se Kabupaten Bojonegoro, Forpimcam dan Kades se-Kacamatan Gondang.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah dalam sambutannya mengatakan, program TMMD merupakan program terpadu dan lintas sektoral. Program ini merupakan wujud kepedulian TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam pemberdayaan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ini juga sebagai upaya membangun semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki. Tak hanya itu, kebersamaan ini sebagai langkah kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang maupun yang akan dihadapi,” tegas Bupati Anna dalam sambutannya.

Sementara itu, Dandim 0813 Bojonegoro, Letkol Czi Arief Rochman Hakim mengatakan, kegiatan tmmd ini mengambil tema "sinergi lintas sektoral dengan kemanunggalan TNI rakyat semakin kuat”. Pelaksanaan TMMD Imbangan ini dilaksanakan selama 30 hari kedepan.

“Pelaksanaan TMMD Imbangan ini dimulai mulai tanggal 20 september hingga 19 oktober 2023 mendatang,” ujar Dandim 0813 Bojonegoro.

Dengan kegiatan TMMD ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata yang terintergrasi dalam dua sasaran kegiatan, diantaranya kegiatan fisik maupun kegiatan non fisik. Sasaran fisik diprioritaskan untuk membangun infrastruktur, peningkatan sarana prasarana, serta fasilitas umum guna mempercepat pembangunan pedesaan.

“Pembangunan fasilitas umum ini diantaranya adalah pembangunan jembatan gondang guna menghadapi bencana banjir. Diharapkan dengan kegiatan TMMD ini, TNI dan masyarakat dapat bahu membahu bergotong royong membangun desa di Kecamatan Gondang agar lebih merata,” jelas Letkol Czi Arief Rochman Hakim.


Dalam kesempatan ini, Kepala Desa Gondang, Agus Riyanto, menyampaikan kegiatan TMMD yang berlangsung di Desa Gondang ini disambut antusias oleh warga masyarakat desa setempat. “Salah satunya dengan kegiatan fisik yang membangun jembatan yang dirasa sangat membantu warga terlebih disaat ada bencana banjir bandang yang terjadi setiap tahunnya,” katanya.

Diketahui, pada TMMD Imbangan ini, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro memberikan dukungan anggaran kegiatan sasaran fisik maupun non fisik. Anggaran tersebut disalurkan melalui dinas terkait maupun bantuan keuangan khusus kepada pemerintahan desa. (lim/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News