Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 26 September 2023, 15:57 WIB
Last Updated 2023-09-26T08:57:33Z
KebakaranPojok PituTulungagungViewerViral

Hutan Lindung Gunung Budheg Tulungagung Terbakar


TULUNGAGUNG - Kawasan hutan di Gunung Budheg, Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung, kembali terbakar, Senin (26/09/2023) siang. Kebakaran lahan hutan kali ini terjadi di lereng Gunung Budheg sebelah barat.

Kawasan hutan yang terbakar merupakan milik perhutani yang berstatus hutan lindung. Hutan yang terbakar berada di petak 1 H, RPH Sanggrahan, BKPH Kalidawir, KPH Blitar. Total luasan lahan yang terbakar diperkirakan mencapai 10 hektar.

Untuk mencegah kebakaran mendekat ke pemukiman, personel gabungan dari TNI, Polri, Damkar dan BPBD Tulungagung, bersama masyarakat bersama-sama berupaya melakukan pemadaman dan melokalisir api.

Kapolsek Campurdarat Tulungagung, Iptu Mohamad Anshori mengatakan, kebakaran hutan di kawasan Gunung Budheg kali ini merupakan kejadian yang ketiga dalam bulan September ini. Saat ini pihaknya tengah melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran hutan tersebut. 

“Kami bersama petugas gabungan langsung melokalisir kebakaran agar tidak merembet ke pemukiman warga. Ini kebaranan ketiga pada bulan ini dan masih kami selidiki penyebabnya,” jelasnya kepada JTV.

Sementara itu, Kepala Desa Tanggung, Suyahman menyatakan, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dengan adanya kebakaran ini, wisata pendakian Gunung Budheg ditutup sementara sampai kondisi dinilai aman.

“Untuk sementara kami tutup pendakian sampai kondisinya benar-benar aman,” ujarnya. (ab/rok)