Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Jumat, 13 Oktober 2023, 15:44 WIB
Last Updated 2023-10-13T08:44:57Z
TubanViewerViral

Hiu Tutul Sepanjang 10 Meter Tersesat di Area Pelabuhan Tuban


TUBAN - Warga pesisir Desa Glondonggede, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, digemparkan dengan kemunculan hiu tutul dengan panjang sekitar 10 meter di kawasan pelabuhan setempat. Dalam video amatir warga, predator pemakan ikan-ikan kecil dan plankton ini berenang santai di kawasan pantai.

Menurut pengakuan nelayan setempat, hiu tutul ini kerap muncul dan berkeliaran di area pelabuhan saat musim angin barat. Umumnya, hewan karnivora ini datang secara bergerombol untuk berburu ikan-ikan kecil di perairan laut dangkal setempat.

Diduga, hiu tutul yang muncul di pelabuhan setempat kali ini, kesasar saat berburu mangsa. Beruntung, predator laut berwarna keabu-abuan dengan totol putih ini, akhirnya bisa kembali ke perairan dalam, sehingga tidak terdampar.

“Sering ada kejadian seperti ini mas. Biasanya setahun antara dua sampai tiga kali. Kemunculan hiu tutul ini merupakan fenomena musiman,” jelas Adnan, nelayan setempat saat ditemui JTV, Jumat (13/10/2023).

Lanjut Adnan, ikan berukuran besar ini tidak berbahaya dan bersahabat nelayan para nelayan setempat. Asal keberadaaan mereka tidak diusik.

“Nggak pernah ganggu nelayan. Justru bersahabat sama nelayan. Mereka kesini ini kan cari makan, kemudian tersesat,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, hiu tutul masuk dalam jajaran ikan terbesar di lautan. Hiu tutul dapat tumbuh sampai 20 meter dengan bobot seberat 34 ton. (dzi/rok)