Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 07 Oktober 2023, 16:23 WIB
Last Updated 2023-10-07T09:26:35Z
Pojok PituViewerViral

Kebakaran Hutan Gunung Lawu, Pengelola Wisata Diminta Waspada


NGAWI - Kebakaran hutan di area Gunung lawu hingga kini masih terjadi. Bahkan berdasar informasi titik api saat ini mendekati wilayah lokasi wisata kebun teh jamus yang berada di Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Sabtu (07/10/2023). 

Pemerintah Kabupaten Ngawi melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) meminta pengelola wisata tetap waspada. Kepala Disparpora Ngawi, Wiwien Purwaningsih mengaku terus melakukan koordinasi dengan pihak pengelola wisata untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan. 

Menurutnya, saat ini ada beberapa lokasi wisata lereng lawu dalam kondisi siaga. Seperti di kebun teh jamus lokasi kebakaran mulai mengarah ke barat di kecamatan sine dan mendekati lokasi wisata tersebut. 

“Informasi terbaru jarak titik api dengan lokasi wisata hanya sekitar 1 kilometer,” ujarnya kepada JTV.

Wiwien Purwaningsih mengaku, selama kebakaran yang melanda wilayah lereng lawu sangat berdampak pada kunjungan wisatawan yang menurun hingga 60 persen. Namun untuk beberapa wisata lain seperti Argomunung yang ada di Desa Karanggupito, Kecamatan Kendal masih cukup aman.

“Kami terus berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk mengetahui update kondisi terkini kebakaran lereng lawu. Hal ini bertujuan untuk menyiapkan langkah antisipatisi,”pungkasnya.