Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Kamis, 05 Oktober 2023, 16:48 WIB
Last Updated 2023-10-05T09:48:44Z
Kabar ApikViewerViral

Pj Bupati Bojonegoro Hadiri Peringatan HUT TNI ke 78


KABAR APIK - Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro Adriyanto, menghadiri acara pringatan hari ulang tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 78 yang dilaksanakan oleh Kodim 0813 Bojonegoro di Alun-alun Bojonegoro, Kamis (05/10/2023) pagi.

Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto datang dengan menaiki kendaraan ranpur anoa bersama Komandan Kodim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim.

Pantauan JTV di lokasi, Peringatan HUT TNI ke 78 di ini berlangsung sangat meriah. Pasalnya, dalam acara tersebut sebanyak 100 Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro dengan gagah menampilkan demonstrasi bela diri militer (BDM).

Mulai dari gerak bersama, teknik mempertahankan diri dengan cara melumpuhkan musuh, memecahkan batako, hingga melalui rintangan berupa lingkaran cincin api. Demonstrasi ini menunjukkan, ketangguhan fisik, kegigihan, serta kesiap siagaan anggota TNI, dalam menghadapi segala rintangan maupun ancaman bahaya yang bisa terjadi.

Penampilan demonstrasi bela diri yang dibawakan oleh Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro inipun, berhasil membuat decak kagum para penonton, maupun para tamu undangan yang hadir.

Selain penampilan demonstrasi bela diri militer, HUT TNI ke 78 turut menampilkan drama pembebasan sandera yang dilakukan oleh prajurit Kodim 0814 Bojonegoro. Drama pembebasan sandera oleh prajurit Kodim 0813 ini, dilakukan dalam serangkain simulasi pertempuran jarak dekat (PJD) bersamaan dengan 2 unit kendaraan taktus komando dan rantis panser anoa milik Yonif 516 Cakara Yudha Kodam 5 Brawijaya.

Pembebasan sandera dilakukan oleh 2 regu prajurit TNI Kodim 0813 Bojonegoro bersama rantus komando dan paser anoa berlangsung dramatis. Berbekal menyandang senjata laras panjang lengkap, serta bidikan tepat sasaran sebuah rumah yang digunakan gerombolaan orang tak dikenal untuk menyekap sandera.

Usai sandera terselamatkan dan berhasil melumpuhlan gerombolan orang tak dikenal, sandera kemudian dibawa naik ke kendaraan panser anoa. Sedangkan 1 regu prajurit lainnya, melakukan pembersihan dan penghancuran sasaran, yang digunakan gerombolan orang tak dikenal sebagai lokasi penyanderaan, lantas diledakkan menggunakan granat.

Komandan Kodim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, dalam hal ini sebagai inspektur upacara, sekaligus menyampaikan amanat Panglima TNI Laksama Tni Yudo Margono. Peringatan HUT ke 78 TNI pada tahun 2023 ini, mengusung tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju.

“Yang mana mengandung makna, bahwa kekuatan tni sebagai komponen utama pertahana  negara. Berkomitmen untuk bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya, dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera,” jelas Dandim Bojonegoro dalam pembacaan amanat.

Lanjutnya, dalam menghadapi pemilu serentak tahun 2024 mendatang, Laksamana Panglima TNI Yudo Margono berkomitmen laksanakan netralitas tni.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto menyampaikan, di hari ulang tahun TNI ke 78, TNI semakin maju, semakin jaya dan bisa menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. TNI maju, maka negara akan menjadi semakin kokoh dan semakin kuat.

“Di momentum hari ulang tahun TNI ke 78 ini, diharapkan kinerja dan sinergitas serta koordinasi, antara Kodim 0813 Bojonegoro BERSAMA Pemkab Bojonegoro semakin kuat,” tegasnya.

Selain itu, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto sangat mengapresiasi penampilan bela diri militer, hingga drama pembebasan sandera yang ditampilkan oleh anggota TNI Kodim 0813 Bojonegoro.

“Semoga Kodim 0813 Bojonegoro bisa terus memperkuat sinergi dengan semua forkopimda, dan terus bisa menjaga stabilitas ekonomi, politik, dan sosial di Kabupaten Bojonegoro,” pungkasnya. (*/edo)