Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 16 November 2023, 17:11 WIB
Last Updated 2023-11-20T08:20:00Z
BojonegoroHukum | PeristiwaViewerViral

38 Panel PJU di 6 Kecamatan di Bojonegoro Hilang Dicuri


BOJONEGORO - Aksi pencurian komponen di dalam panel kontrol penerangan jalan umum (PJU) semakin marak terjadi di Kabupaten Bojonegoro. Hingga saat ini tercatat sebanyak 38 panel PJU di 6 Kecamatan di Bojonegoro hilang dicuri.

Kabid PJU dan Pemeliharaan Sarana Prasarana Dinas PKP Cipta Karya Bojonegoro, Saruffurin mengatakan, panel kontrol PJU yang hilang tersebar di 6 kecamatan. Masing-masing berada di kota bojonegoro sebanyak 13 titik panel, kecamatan malo dan kecamatan trucuk 8 titik, kecamatan kapas serta kecamatan dander ada sebanyak 5 titik, dan di kecamatan kasiman 12 panel.

“Totalnya yang hilang itu ada 38 panel PJU. Keseluruhan komponen panel PJU yang hilang dicuri berupa timer dan kontraktor elektrikal,” terangnya kepada JTV, Kamis (16/11/2023).

Akibat pencurian ini, Pemkab Bojonegoro mengalami kerugian sekitar 58 juta rupiah. Pasalnya, harga setiap 1 komponen panel kontrol PJU berkisar 1,5 juta hingga 3 juta rupiah.

“Kasus pencurian ini sudah kami laporkan kepada polisi. Sementara panel kontrol PJU yang hilang sudah dilakukan pemasangan ulang,” imbuh Saruffurin.

Guna menghindari kasus serupa terjadi, diberikan pengamanan tambahan berupa kunci pengamanan ganda pada panel PJU yang dipasang.

“Kami juga mengimbau jika masyarakat mengetahui ada oknum dicurai melakukan pengecekan maupun membongkar PJU untuk segera melapor,” pungkasnya. (edo/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News