Iklan Beranda

Senin, 06 November 2023, 13:44 WIB
Last Updated 2023-11-06T09:04:40Z
TubanViewerViral

Diterjang Puting Beliung, 8 Kandang di Tuban Rusak Parah


TUBAN - Angin puting beliung berukuran besar menerjang kawasan pabrik semen di Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Sabtu (04/11/2023) siang. Pusaran angin yang datang disertai gerimis ini, sempat membuat para pekerja pabrik dan warga setempat panik menyelamatkan diri.

Terjangan puting beliung ini terekam video amatir warga. Kejadian yang berlangsung sekitar 30 menit ini, membuat sebuah pos yang ada di area lahan ambruk.

Selain itu, sebanyak 8 bangunan kandang ternak dan sebuah gudang di kawasan setempat juga rusak parah dan atapnya beterbangan. Pasca kejadian, sejumlah warga dan peternak langsung berusaha menyelamatkan hewan ternak sapi ke tempat yang lebih aman.

Ketua kelompok ternak setempat, Sholikin mengatakan, puting beliung tersebut berasal dari arah timur. Awalnya ada dua pusaran. Namun, kemudian pusaran tersebut menyatu dan menerjang apapun yang dilewatinya.

“Kejadian jam 12 siang. Angin dari arah timur ada dua pusaran, kemudian menyatu dan berjalan menerjang kandang. Lamanya sekitar 30 menit,” ungkapnya kepada JTV di lokasi kejadian.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, sejumlah ternak sapi mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan. Akibat kejadian ini, kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Delapan kandang yang rusak dibagian genteng. Alhamdulillah tidak ada korban, hanya kerugian materiil,” imbuh Sholikin.

Pasca kejadian, warga bergotong-royong membersihkan reruntuhan genteng dan mengumpulkan sapi ke tempat yang lebih aman. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News