Iklan Beranda

Redaksi JTV
Sabtu, 11 November 2023, 14:26 WIB
Last Updated 2023-11-11T07:26:33Z
Kabar ApikViewerViral

Rangkaian Hari Jadi ke-730 Kabupaten Tuban, Bupati dan Forkopimda Ziarah Makam Leluhur

KABAR APIK - Rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-730 Kabupaten Tuban dimulai. Sebelum mengawalinya dengan ziarah makam leluhur, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky bersama forkopimda terlebih dahulu mengikuti upacara Hari Pahlawan ke 78 di Taman Makam Pahlawan setempat, Jumat (10/11/2023).

Pantauan JTV di lokasi, upacara berlangsung khidmat dipimpin inspektur upacara Kapolres Tuban Akbp Suryono. Upacara ini juga dihadiri Ketua DPRD Tuban M. Miyadi, Dandim 0811 Tuban Letkol Infanteri Suhada Erwin, Kepala Kejaksaan Negeri Tuban Armen Wijaya, Ketua Pengadilan Agama Tuban Mufi Ahmad Baihaqi, Sekda Tuban Budi Wiyana Dan Kepala Bank Jatim Suyatno, serta diikuti kepala OPD, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, anggota TNI/Polri.

Usai upacara, juga dilakukan tabur bunga di makam pahlawan. Dalam momen hari pahlawan ini, Bupati Lindra mengajak seluruh masyarakat untuk memaknainya dengan merawat dan menjaga apa yang telah diperjuangkan oleh para kusuma bangsa.

“Kita bisa memetik dan mempelajari sehingga kita memiliki pondasi kuat sebagai penerus bangsa,” tegasnya.
 
Tema besar hari pahlawan 2023 adalah "Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan". Tema ini diusung agar para generasi dapat memaknai semangat para pahlawan dalam kehidupan saat ini dan masa depan.

Sementara itu, dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Jadi ke-730 Kabupaten Tuban, Bupati Lindra secara simbolis memberangkatkan kirab pataka. Bendera pataka lambang Kabupaten Tuban dan 20 pataka Kecamatan diarak ke 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. 

Dalam kesempatan ini, Bupati bersama Forkopimda juga melakukan ziarah ke makam leluhur di Tuban. Mulai dari Makam Sunan, Makam Ronggolawe, Makam Bupati-Bupati Tuban Terdahulu, Hingga Makam Ibrahim Asmoro Qondi. 

Bupati Lindra mengungkapkan, ziarah makam leluhur sebagai bentuk penghormatan atas jasa leluhur yang telah berjuang demi masyarakat Kabupaten Tuban. Juga bentuk refleksi atas untuk meneladani perjuangan para pendahulu. 

“Nilai-nilai luhur yang ditunjukkan para pendahulu menjadi pondasi bagi karakter generasi penerus Kabupaten Tuban,” tandasnya.

Sementara itu, peringatan Hari Jadi ke-730 Kabupaten Tuban mengusung tema “Kolaborasi, Inovasi, Karya, Lanjutkan”. Menurut Bupati Tuban, tema tersebut diangkat sebagai bentuk suksesi atas program pembangunan di Kabupaten Tuban.

“Karena itu bentuk suksesi pemerintah saat ini. Melalui kolaborasi legislatif dan forkopimda kita bisa mempercepat pembangunan dari infrastruktur maupun SDM,” imbuhnya menegaskan. 
Bupati Lindra berharap, Kabupaten Tuban menjadi semakin maju dan lebih baik, semakin disegani, pertumbuhan ekonomi semakin tinggi, angka kemiskinan dan stunting bisa terus turun, serta masyarakatnya sejahtera. (dzi/rok)