Iklan Beranda

Redaksi JTV
Kamis, 04 Januari 2024, 06:46 WIB
Last Updated 2024-01-03T23:48:22Z
LamonganPemiluPolitik | PemerintahanViewerViral

KPU Lamongan Temukan Ratusan Lembar Surat Suara Rusak

 
LAMONGAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lamongan, mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan umum (pemilu) 2024. Proses pelipatan awal, dilakukan untuk surat suara DPRD Kabupaten terlebih dulu.

Untuk rincian surat suara yang telah diterima oleh KPU Lamongan ada sebanyak 1.072.807 lembar surat suara untuk pemilihan caleg DPRD Lamongan. Kemudian sebanyak 1.067.807 lembar surat suara untuk DPD RI dan sebanyak 1.067.807 lembar untuk pemilihan Caleg DPRD Provinsi. 

Pada pelipatan awal surat suara DPRD Kabupaten, KPU Lamongan menemukan seratusan surat suara yang rusak. Kerusakan tersebut sebagian besar akibat kesalahan proses cetak. Kerusakan ini, nantinya akan dilaporkan kepada pihak terkait dengan membuat berita acara. 

“Untuk kerusakan memang dari pabriknya. Itu kita ketahui setelah kita lakukan penyortiran dan pelipatan surat suara,” jelas Ketua KPU Lamongan, Mahrus Ali kepada JTV, Rabu (04/01/2024).

Meski demikian, secara keseluruhan pihak KPU Lamongan mengaku tidak menemui kendala dalam proses sortir dan pelipatan surat suara.

KPU Lamongan berharap, seluruh kelengkapan logistik dapat tiba dan juga rampung tepat pada waktunya. Termasuk, pada saat nanti dalam proses distribusi ke seluruh Kecamatan dan Desa-desa yang ada di Lamongan. (fli/rok)