Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Sabtu, 06 Januari 2024, 15:30 WIB
Last Updated 2024-01-06T08:30:47Z
Kabar ApikViewerViral

Ratusan Umat Katolik dan Kristen Bojonegoro Gelar Ibadah dan Perayaan Natal Bersama


KABAR APIK - Ratusan umat Katolik dan Kristen menggelar ibadah dan perayaan natal bersama di Gedung Tridharma Jalan Jaksa Agung Suprapto, Kelurahan Karang Pacar, Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (05/01/2024) sore.

Perayaan natal ini, menjadi momentum kebersamaan yang dihadiri oleh tokoh lintas agama, para pendeta, jajaran forkopimda, kepala kementerian agama bojonegoro, camat, lurah karang pacar, serta ratusan warga Katolik dan Kristen.

Pantauan JTV di lokasi, rangkaian kegiatan dimulai dengan musik, nyanyian, serta penampilan tarian, dari siswa-siswi SD Katolik Santo Paulus, SD Kristen Mardi Siswo, SMP Katolik Santo Tarsisius, dan SMA Katolik IGN Slamet Riyadi.

Selanjutnya perayaan natal dilanjutkan dengan penyampaian arahan serta do’a, yang disampaikan oleh Pendeta Timotius Kabul, selaku Ketua Bamag Provinsi Jawa Timur. Dalam penyampaianya tersebut, Pendeta Timotius Kabul menyampaikan pesan kebangsaan dan kedamaian.

“Moment perayaan natal kali ini bertepatan dengan tahun politik, saya mengajak agar umat selalu menjaga kebersamaan, bersatu dan damai menjaga kerukunan, serta cinta tanah air,” tegasnya.

Di pertengahan acara perayaan natal, dilaksanakan penyalaan lilin serta diiringi lagu holy night. Penyalaan lilin ini, sebagai simbolis cahaya dari langit yang memberikan umatnya kehangatan saat malam musim dingin.

Cahaya lilin menandakan jalan mewujudkan makna sejati kehidupan manusia, mewakili spiritualitas, pengabdian dan iman.

Setelah penyalaan lilin selesai, kemudian dilanjutkan dengan tarian serta nyanyian, dari suku yang ada di Indonesia. Mulai dari Suku Jawa Timur, Suku Batak, Suku Manado dan Suku Papua.

Pendeta Filemon Henry Wibowo selaku ketua kegiatan mengatakan, hari ini merupakan perayaan natal bersama dengan umat Kristiani dan Katolik se Kabupaten Bojonegoro.

Sebelum perayaan natal, sejumlah rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan. Mulai dari donor darah, serta kegiatan sosial lainnya, seperti mengunjungi lapas.

“Momen ini mengusung tema nasional yakni kemuliaan bagi allah tempat yang maha tinggi dan damai sejahtera di bumi, turut serta mendatangkan pembicara dari Ketua Bamag Provinsi Jawa Timur, yakni Pendeta Timotius Kabul,” tegasnya

Selain itu, di perayaan natal tahun 2023, juga mengusung tema ciri khas dari budaya nasional. Tema ini dipilih, untuk menunjukkan kecintaan budaya negeri, dan nantinya bisa memberikan keberkahan.

Pendeta Filemon Henry Wibowo menambahkan, kegiatan seperti ini sejak pademi sudah dilaksanakan rutin. Di perayaan natal kali ini,nampak ratusan warga baik Kristiani maupun Katolik, antusias mengikuti perayaan natal tahun 2023.

“Di natal kali ini semakin mencintai budaya serta negeri indonesia yang sangat beragam, terutama umat kristen bisa bersatu dan membawa kedamaian serta sejahtera bagi seluruh masyarakat,” tandasnya.

Kegiatan perayaan natal 2023, di tutup dengan do’a bersama yang berlangsung sangat khidmat. (mai/edo)