Iklan Beranda

Redaksi JTV
Rabu, 07 Februari 2024, 23:00 WIB
Last Updated 2024-02-13T06:03:30Z
TubanViewerViralWisata | Kuliner

Jelang Imlek, Klenteng Kwan Sing Bio Tuban Dihiasi Lampion Hingga Sio Naga

Sejumlah pekerja menata hiasan imlek di Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Rabu (08/02/2024). Foto: Dziky Muhamad Nurcholif.
TUBAN - Suasana Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Kwan Sing Bio di jalan RE Martadinata Tuban masih tampak sepi, Rabu (07/02/2024). Belum ada aktivitas sembayangan bersama ataupun ritual keagamaan berjamaah, menjelang tahun baru imlek yang akan jatuh pada tanggal 10 Februari 2024.

Meski begitu, sejumlah umat tri dharma dan karyawan di klenteng terbesar se Asia Tenggara tersebut, kini sudah mulai sibuk dengan berbagai persiapan menjelang imlek. Di antaranya, membersihkan dan mengganti lampu lampion, menyediakan lilin dan hio untuk piranti sembayangan, membersihkan sarana ibadah serta memasang display naga kayu yang menggambarkan sio tahun ini.

Salah satu karyawan klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Liana, mengatakan, menyambut pergantian tahun baru cina tersebut, persiapan mulai dilakukan mulai pekan ini. Diantaranya, mempersiapkan sarana dan prasarana serta membersihkan tempat ibadah untuk sembayangan nanti.

“Persiapan ini untuk menyambut para pengunjung yang biasanya berdatangan dari berbagai daerah. Baik untuk beribadah hingga berwisata pada hari perayaan imlek besok,” jelasnya saat ditemui JTV.

Lanjutnya, tahun sio naga kayu sendiri memiliki arti baik, mulai dari kekuatan, keluhuran, kehormatan, keharmonisan, keberuntungan serta kesuksesan. Menyambut tahun naga kayu ini, pihak klenteng berharap bangsa indonesia bisa bertambah maju, serta semakin melimpah rezekinya.
 
“Untuk sembahyang malam imlek, akan dilakukan sembahyang pada tanggal 9 Februari pukul 8 malam di klenteng dekat alun-alun Kota Tuban, kemudian dilanjutkan sembahyang di aula Klenteng Kwan Sing Bio sini,” pungkasnya. (dzi/rok)
 
Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News