Iklan Beranda

Redaksi JTV
Rabu, 07 Februari 2024, 18:00 WIB
Last Updated 2024-02-07T11:00:48Z
Politik | PemerintahanTubanViewerViral

Pemkab Tuban Luncurkan Bus SiMasGanteng, Transportasi Gratis Bagi Pelajar


TUBAN - Para pelajar di Kabupaten Tuban, kini tak perlu khawatir lagi meski jarak sekolah jauh dengan rumah. Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat kini menyediakan akses bus gratis yang siap mengantarkan mereka ke sekolah. 


Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menjelaskan, dirinya telah menyediakan sebanyak 10 kendaraan bus yang siap beroperasi mulai, Selasa (6/2/2024) kemarin. Pemerintah juga sudah menyiapkan beberapa rute bus yang nantinya akan memudahkan dan memberi rasa aman bagi pelajar dan orang tua.


“Ini memang trobosan awal yang kita buat, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelajar maupun orang tua,” jelas Aditya Halindra Faridzky, Selasa (6/2/2024).


Bus yang diberi nama ‘SiMasGanteng’ tersebut merupakan fasilitas trasportasi gratis dari Pemkab Tuban yang diperuntukan bagi para siswa di segala jenjang. Armada bus juga terintegrasi secara digital, dimana orang tua bisa memantau posisi anaknya melalui aplikasi.


“Jadi nanti kita berikan kartu, yang terintergrasi dengan aplikasi. Orang tua akan mendapatkan notifikasi anakanya naik bus pelajar dari mana ke mana. Itu orang tua akan tahu,” ucapnya.


Bus ‘Si Mas Ganteng’ sendiri singkatan dari Transportasi Masyarakat Tuban yang Elegan, Aman, Nyaman dan Terintegrasi.  


Adapun rute perjalanan bus Si Mas Ganteng sebagai berikut. Tuban Kota, Jatirogo-Kenduruan, Senori – Bangilan – Singgahan, Widang – Tuban, Senori – Saringembat – Singgahan, Klotok – Prambon – Plumpang, Rengel – Soko – Parengan, Tambakboyo – Kerek – Merakurak, dan Grabagan – Rengel.


Guna menfasilitasi akses trasportasi siswa, kedepan Pemkab Tuban akan terus mengembangkan transportasi umum masyarakat, hingga ke daearah-daerah yang belum tercantum pada rute saat ini. (*)