Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Rabu, 21 Februari 2024, 13:42 WIB
Last Updated 2024-02-22T07:41:40Z
PemiluPolitik | PemerintahanTubanViewerViral

Kakak Bupati Tuban Raih Suara Tertinggi DPRD Dapil Jatim 12, Tembus 134.313 Suara


TUBAN - Aulia Hany Mustikasari, kakak dari Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, hampir dipastikan melenggang menjadi DPRD Provinsi Jawa Timur dapil Jatim 12 Tuban-Bojonegoro.

Pantauan data real count dari website resmi KPU, Rabu (21/02/2024) siang, putri sulung mantan Bupati Tuban dua periode Haeny Relawati tersebut mendapatkan suara tertinggi 134.313 suara.

Jumlah perolehan suara Aulia Hany, diprediksi akan tembus 150 ribu suara, mengingat data rekap yang masuk baru sekitar 84.38 persen. Meski demikian, secara akumulasi, perolehan suara Partai Golkar berada di peringkat kedua.

Posisi pertama diduduki PKB dengan total 221.503 suara, Golkar berada di posisi kedua dengan raihan 202.622 suara. Sedangkan posisi ketiga sampai kelima, secara berurutan ditempati Partai Gerindra dengan 101.242 suara, Partai Demokrat dengan 66.528 suara, dan PDIP dengan 66.311 suara.

Dari sebanyak 7 kursi yang tersedia di DPRD Jatim, Partai Golkar dan PKB, diprediksi akan mendapatkan masing-masing dua kursi. PKB diprediksi akan meloloskan Fauzan Fu`Adi dan Muhammad Mughni. Sementara Golkar, meloloskan Aulia Hany dan Freddy Poernomo.

Sedangkan Gerindra dalam hitung sementara ini meloloskan incumbent Budiono. Partai Demokrat meloloskan Sri Wahyuni, dan PDIP diisi oleh pendatang baru Ony Setiawan. Namun, nama caleg yang lolos dari ketiga partai terakhir masih berpeluang berubah, mengingat persaingan di internal partai cukup ketat.
 
Prediksi lolosnya Aulia Hany menjadi DPRD Jatim, menjadi akan pondasi kuat keluarga Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky di kancah politik nasional. Pasalnya, sang ibu, Haeny Relawati, juga hampir dipastikan lolos menjadi DPR-RI dengan raihan suara tertinggi di dapil Jatim IX Tuban-Bojonegoro dengan 135.893 suara.

“Alhamdulillah mas. Saat ini kita masih fokus rekap di Kecamatan. Kita akan terus mengawal dan memastikan suara Golkar dan kursi Golkar aman,” tegas Sekretaris DPD Partai Golkar Suratmin kepada JTV.
 
Sementara itu, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga saat ini dan beberapa hari kedepan, masih akan melakukan terus melakukan rekapitulasi perolehan suara di tingkat kecamatan. Salah satunya seperti yang terpantau di Kantor Kecamatan Tuban Kota, Rabu siang.

“InsyaAllah dua tiga hari kedepan rekap di Kecamatan Tuban Kota selesai. Rekap kita bagi menjadi dua panel, agar bisa maksimal,” jelas Ketua PPK Tuban Kota, Bashory Fahmi Nugroho.

KPU menghimbau agar semua pihak menahan diri serta menunggu rekapitulasi berjenjang yang dilakukan mulai dari tingkat TPS, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi hingga Nasional. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News