Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 13 Februari 2024, 15:51 WIB
Last Updated 2024-02-15T06:40:34Z
BojonegoroPemiluPolitik | PemerintahanViewerViral

Pikat Warga Agar Tidak Golput, TPS di Bojonegoro Dihias Tema Kerajaan


BOJONEGORO - Tempat Pemungutan Suara (TPS) 04, di Kelurahan Mojokampung, Kecamatan Bojonegoro Kota, Kabupaten Bojonegoro, dihias dengan tema kerajaan dan ornamen pemwayangan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat serta agar warga tidak golput.

Ketua KPPS setempat, Suyanto mengatakan, tema menanti wahyu keprabon nusantara yang digunakan di TPS nya memiliki arti mendalam. Yakni wahyu keprabon berarti wahyu orang pilihan tuhan yang menjadi pemimpin di nusantara ini.

“Sedangkan kata keprabon berasal dari kata prabu, artinya sama dengan raja,” jelasnya kepada JTV, Selasa (13/02/2024).

Suyanto menambahkan, asalnya menghias tema kerajaan di TPS nya, lantaran Bojonegoro merupakan bagian dalam menyambut datangnya nusantara. Selain bertemakan kerajaan, pada hari pencoblosan 14 Februari 2024, petugas KPPS juga akan menggunakan pakaian tradisional nusantara, bertemakan raja-raja nusantara.

“Kami juga menyiapkan untuk para pemilih yang datang ke TPS, mereka akan diberikan hadiah sayur sayuran serta buah buahan,” imbuhnya.

Diharapkan, dengan hiasan ini, total keseluruhan daftar pemilih tetap yang menggunakan hak pilihnya bisa mencapai 75 persen. Mengingat, beberapa warga ada yang bepergian keluar kota, dan menggunakan hak pilihnya di luar TPS 04. (edo/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News