Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 19 Februari 2024, 11:48 WIB
Last Updated 2024-02-20T06:59:31Z
PemiluPolitik | PemerintahanTubanViewerViral

PPK Se Kabupaten Tuban Serentak Gelar Rekap Tingkat Kecamatan


TUBAN - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Se-Kabupaten Tuban, mulai melakukan rekapitulasi hasil perolehan suara pemilu serentak 2024. Salah satunya seperti yang terpantau di Kantor Kecamatan Tuban, Jalan Sunan Kalijogo, Kabupaten Tuban, Senin (19/02/2024) siang.

Mekanisme rekapitulasi dimulai dari penyesuaian dan pencatatan hasil perolehan suara di masing-masing TPS. Mulai dari perolehan jumlah suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, calon DPD, calon DPR-RI, DPRD Provinsi, hingga calon DPRD Kabupaten.

Dalam proses rekapitulasi, panitia pemilihan kecamatan tuban membuat dua panel atau dua sesi penghitungan suara. Dari masing-masing panel diikuti oleh PPK, Panwascam, PPS, Sekretariat PPS, dan saksi yang hadir dengan membawa surat mandat dari masing-masing calon.

Ketua PPK Tuban, Fahmi Bashori mengatakan, yang diperbolehkan masuk dalam panel proses penghitungan suara hanya PPK, Panwascam, PPS, Sekretariat PPS, dan saksi yang hadir dengan membawa surat mandat dari masing-masing calon.

Sementara warga maupun pihak lain, hanya diperbolehkan melihat dan mencatat hasil perolehan suara dari luar forum. Ditargetkan, rekapitulasi ini bisa selesai dalam waktu lima hari kedepan.

“Sejauh ini belum ada kendala. Semua berjalan lancar. Kita target 5 hari sudah selesai,” tegas Fahmi kepada JTV.

Sementara itu, Panwascam Tuban, Efi Eka Utami mengatakan, sejauh ini tidak ada kendala berarti dalam rekapitulasi di tingkat kecamatan. Hanya saja sebelumnya, rekap di tingkat TPS, ada sejumlah salah catat suara di C hasil.

“Kendala hanya di tingkat KPPS. Sebagian ada yang salah tulis di form c hasil. Untuk di kecamatan hingga saat ini berjalan lancar,” ujarnya.

Hingga saat ini, rekapitulasi masih berkutat pada hasil perolehan suara Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. (dzi/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News