Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 02 Maret 2024, 15:59 WIB
Last Updated 2024-03-04T07:15:38Z
BojonegoroPemiluPolitik | PemerintahanViewerViral

Sempat Diwarnai Protes, KPU Bojonegoro Selesaikan Rekap Pemilu 2024


BOJONEGORO - Setelah memperpanjang proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilihan umum 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bojonegoro, Jum’at (02/03/2024) sore akhirnya menyelesaikan tahapan rekap secara keseluruhan hingga finalisasi data.

Tak hanya itu, dalam tahapan rekapitulasi hasil suara di tingkat Kabupaten, baik KPU, Bawaslu, saksi partai politik telah mencocokan data baik dari C plano dengan C hasil, di masing-masing TPS yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Meskipun sempat diwarnai protes, baik dari saksi partai politik, maupun saksi presiden, namun proses tahapan finalisasi berjalan dengan lancar. Seluruh saksi, baik saksi partai, bawaslu, maupun saksi presiden, menyepakati serta menandatangani hasil finalisasi hasil pemilu di tingkat kabupaten.

Ketua KPU Kabupaten Bojonegoro, Fathkur Rohman mengatakan, jika sudah dilakukan penandatanganan dan hasil review atau finalisasi data perolehan suara.

“Selanjutnya, KPU Bojonegoro akan menyerahkan data kepada KPU Provinsi untuk di rekap di tingkat provinsi,” jelasnya kepada JTV.

Rohman menambahkan, jika seluruh saksi partai politik, maupun Bawaslu Kabupaten Bojonegoro, menyetujui hasil rekapan yang berlangsung selama 4 hari tersebut.

Dari rekap tersebut, PKB diperkirakan mendominasi perolehan kursi DPRD Kabupaten dengan 13 kursi. Sementara posisi kedua ditempati Gerindra dengan 8 kursi.

Sedangkan peringkat ketiga diduduki PDIP dengan 6 kursi. Sementara peringkat keempat diperebutkan Golkar dan Demokrat yang diprediksi sama-sama meraih 5 kursi. (edo/rok)

Ikuti berita terkini JTV Bojonegoro di Google News