Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Sabtu, 20 April 2024, 15:23 WIB
Last Updated 2024-04-20T08:23:30Z
Potensi DaerahTubanViewerViral

Hilangkan Stres dan Pegal dengan Terapi Air Garam di Pantai Kelapa Tuban


TUBAN - Bingung, akhir pekan mau liburan kemana?? Mungkin anda bisa mencoba terapi air garam di area Wisata Pantai Kelapa, Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Air garam yang diproses secara khusus itu mengandung natrium klorida atau n-a-c-l yang ampuh untuk meredakan stres dan pegal.

Sambil menemani keluarga berlibur, pengunjung bisa berendam untuk memanjakan kaki setelah seharian beraktifitas. Lokasi tempat wisata ini ada disamping Jalan Nasional Pantura Tuban.

Seperti namanya, wisata terapi air garam ini berada di dekat pantai laut utara. Anda cukup masuk ke area wisata pantai kelapa, lalu berjalan menuju tempat terapi air garam yang berada di samping pantai.

Disini terdapat beberapa kolam, yang masing-masing bisa anda gunakan untuk merendam kaki. Sementara itu, di masing-masing kolam terdapat dua sumber air panas dan air laut yang sudah dibersihkan. Sehingga pengunjung bisa mengatur tingkat kepanasan sesuai selera. Saat air penuh, petugas terapi akan menuangkan satu kemasan garam yang diolah khusus ke masing-masing kolam.

Garam kemasan yang digunakan terapi ini diolah secara khusus, dari air laut utara, dan telah melalui beberapa kali penyulingan, sehingga kerap digunakan pengunjung untuk relaksasi menghilangkan pegal dan capek.

“Rasanya ada panasnya terus rasa sakit-sakitnya juga, sama lebih enteng. Manfaatnya buat merelaksasi otot dan pegel juga,” ungkap Rida, salah satu pengunjung.

Meski terapi air garam ini baru dibuka satu tahun terakhir, namun jumlah pengunjung yang datang cukup banyak, khususnya dari lokal Tuban.

“Baru pertama kali ini. Saya dari Tuban. Ini terapi air garam sekalian mengantar keluarga berwisata di pantai kepala sini,” jelas Dariyono, pengunjung lain.

Sementara itu, petugas terapis garam di Pantai Kelapa Tuban, Warsito mengatakan, garam yang digunakan terapi merupakan garam khusus yang proses sendiri. Air laut pantai utara jawa setempat disuling dan dimixing serta dikontrol ketat 3 hari sekali.

“Itu untuk memastikan kandungan natrium klorida atau NaCL kurang lebih 96%, sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh pelanggan,” tegasnya kepada JTV, Sabtu (20/04/2024).

Bagaimana tertarik untuk mencobanya, untuk mencoba terapi air garam, pengunjung dikenakan biaya Rp25.000 per orang. Dengan batas waktu berendam selama 20 menit. (dzi/rok)