Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 04 April 2024, 14:34 WIB
Last Updated 2024-04-04T07:34:57Z
TubanViewerViral

IJTI Pantura Gelar Ngaji Jurnalistik di MI Miftahul Huda Tuban


TUBAN - Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda, Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, menggelar ngabuburit dengan cara berbeda, Rabu (03/04/2024) sore.

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Pantura Raya bekerjasama dengan pihak sekolah setempat, menggelar acara ngaji jurnalistik, membaca tahlil, sekaligus buka bersama di sekolah setempat.

Dalam ngaji jurnalistik ini, para siswa mendapat materi langsung dari Ketua IJTI Korda Pantura Raya Khusni Mubarok dan Redaktur BlokTubanTV Ali Imron. Peserta termasuk guru dan wali murid juga dijelaskan tentang tugas-tugas pokok jurnalis, produk jurnalistik dan jurnalisme positif, hingga cerita pengalaman para jurnalis.

Tak hanya itu, para peserta juga diberikan bekal untuk menjadi konten kreator. Mulai dari teknik pengambilan gambar hingga tips membuat konten yang menarik untuk ditonton. Kegiatan ini digelar ijti pantura sebagai bentuk komitmen memberikan sumbangsih dan kontribusi nyata terhadap dunia pendidikan.

Ketua IJTI Korda Pantura Raya, Khusni Mubarok mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu komitmen untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain menularkan dan memperkenalkan jurnalisme positif, ngaji jurnalistik ini juga diselipkan agenda tips menangkal berita hoax

“Kegiatan ini insyaAllah akan terus kita tingkatkan dan kita kembangkan. Jadi tidak hanya berhenti di satu sekolah, tapi juga di sekolah-sekolah lain,” tegasnya.

Ngaji jurnalistik ini diapresiasi pihak sekolah. Para guru berharap, para siswa bisa termotivasi dan bisa mengikuti jejak-jejak kebaikan yang dibangun para jurnalis TV. Selain itu, ilmu-ilmu baru yang didapatkan bisa menambah wawasan dan kemajuan sekolah setempat.

“Harapan kami tentu ini menjadi agenda rutin tahunan. Karena ini sudah yang kedua kali digelar. Agar sekolah bisa meningkatkan kapasitasnya dan semakin berprestasi,” kata Siti Faizah, Kepala Sekolah Mi Miftahul Huda Semanding, Tuban.

Kegiatan ini ditutup dengan membaca tahlil, buka bersama dan sholat magrib berjamaah. (dzi/rok)