Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Selasa, 23 April 2024, 15:36 WIB
Last Updated 2024-04-23T08:36:53Z
HajiTubanViewerViral

Mantapkan Persiapan, 1.165 Calon Jamaah Haji di Tuban Ikuti Manasik Haji


TUBAN - Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, menggelar manasik haji massal tahap satu di kawasan Graha Sandya, Desa Bogorejo, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, Selasa (23/04/2024) pagi. Sebanyak 1.165 calon jamaah haji asal Tuban mendapatkan sejumlah materi tentang teori pelaksanaan rukun haji.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tuban, Umi Kulsum mengatakan, persiapan operasional haji di Tuban sudah mendekati angka 100 persen. Mulai administrasi, paspor dan visa jamaah haji telah selesai dibuat.

“Sementara itu untuk persyaratan vaksin meningitis, calon jamaah haji dapat dilakukan para jamaah haji di masing-masing puskesmas. Untuk persiapan lain sudah hampir 100 persen,” tegasnya kepada JTV.

Agar calon jamaah haji dapat memahami dengan baik mulai dari proses hingga pelaksanaan rukun haji, para calon jamaah haji diberikan wawasan tentang teori rukun haji dalam pembekalan manasik haji tahap 1 kali ini.

Mereka diberi bekal mulai dari niat ihram, wukuf di arafah, kemudian mabit di muzdalifah, jumrah aqabah dan tahallul awal. Sementara pada manasik haji tahap 2 yang akan digelar pada 1 mei 2024 mendatang.

“Pada manasik kedua nanti, calon jamaah haji akan diberikan materi tentang mabit ke mina, lempar jumroh, tawaf dan sa'i,” imbuh Umi Kulsum.

Sementara itu, ribuan calon jamaah haji Kabupaten Tuban yang tergabung dalam kloter 9, 10, dan 11 ini akan diberangkatkan dengan titik kumpul di Pendopo Krido Tuban pada tanggal 13 Mei 2024 mendatang. (dzi/rok)