Iklan Beranda

jtvbojonegoro
Senin, 29 April 2024, 16:33 WIB
Last Updated 2024-04-29T09:33:17Z
Kabar ApikViewerViral

Upaya Tingkatkan Keandalan Jaringan & Pasokan Listrik di Kabupaten Tuban, PLN Gelar Apel Pembukaan Kegiatan Mahabarata


TUBAN - Bertempat di Halaman Parkiran Bus Sunan Bonang Jl. AKBP Suroko Kabupaten Tuban, PLN UP3 Bojonegoro menggelar Apel Pembukaan Kegiatan Mahabarata (MAksimalkan pemeliHAraan Borderless AntaR unit sAmpai tunTAs). Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pemeliharaan preventif sebagai upaya untuk meningkatkan keandalan jaringan dan pasokan listrik khususnya di wilayah Kabupaten Tuban yang diadakan selama 2 hari yaitu tanggal 23 – 24 April 2024.

Apel pembukaan dipimpin oleh Assistant Manager Jaringan PT PLN (Persero)UP3 Bojonegoro, Agus Pitojo dan I Made Agus Dwi Putra selaku Manager PT PLN (Persero) UP3 Bojonegoro sebagai Pembina Apel.

Dalam sambutannya Made menjelaskan analogi Mahabarata “Mahabarata mengisahkan perang antara Kurawa dan Pandawa Lima, Gangguan Penyulang (Padam) adalah Kurawa/Musuh yang harus dihadapi oleh PLN sebagai Pandawa Lima. Harapannya dengan dimenangkannya perang terhadap padam, maka dapat meningkatkan keandalan layanan yang juga berbanding lurus dengan meningkatnya kepuasan pelanggan.”

Turut hadir sebagai tamu undangan dalam acara tersebut antara lain perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Tuban, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Polres Tuban dan Kodim 0811 Tuban. Asisten II Bupati Tuban Endro Budi S memaparkan “Mewakili Pemerintah Kabupaten Tuban kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada keluarga besar PLN atas sinergi dalam kegiatan Mahabarata ini. Pemerintah Kabupaten Tuban selalu berharap kepada PLN untuk dapat memberikan Pelayanan yang Terbaik kepada masyarakat. Dan juga reaksi cepat PLN terhadap penanganan keluhan dan gangguan yang dibentuk melalui WAG Sahabat PLN ini sangatlah luar biasa.” tambah Endro. 


Terdapat total 24 armada dan 151 personil dilibatkan dari berbagai UP3 di Jawa Timur dalam kegiatan akbar ini, diantaranya Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan), Skylift, Harbas (Pemeliharaan & Rabas), Regu assesment kabel TM 20 kV dan Pelayanan Teknik yang didampingi oleh pengawas pekerjaan masing-masing dengan harapan dapat meraih hasil yang maksimal. “Semoga setelah ini, listrik di Tuban jarang padam” ujar Tarji pengayuh becak di sekitar Parkiran Sunan Bonang setelah menyaksikan apel pembukaan Mahabarata.

Titik-titik perbaikan didapatkan dari historis jumlah gangguan yang terjadi selama tahun 2023 dan Triwulan 1 tahun 2024 di wilayah kerja Kabupaten Tuban yaitu Penyulang Montong, Mander dan Pambon. Dengan total panjang penyulang 159,310 ms, 111 Gardu dan melayani 34,506 pelanggan.

Beberapa penyebab gangguan utama yang terjadi antara lain diakibatkan oleh petir, pohon dan kerusakan material pada jaringan. Oleh karena itu  Mahabarata fokus pada kegiatan pemeliharaan meliputi Penggantian _Top Ties_, Pemasangan _Tree Guard_, Pemasangan CLD, Penggantian _Lightning Arrester_, Perbaikan Sambungan Konduktor Tegangan Menengah, dan Perabasan Pohon dekat jaringan dengan tujuan untuk menurunkan jumlah gangguan pasokan listrik yang diakibatkan oleh petir, serta dahan dan atau ranting patah dengan jarak aman pohon dari jaringan sejauh 3 meter terlebih saat terjadi cuaca ekstrim.

Mengakhiri sambutannya Made kembali mengingatkan segenap personil untuk selalu mematuhi SOP dan aturan K3, selalu gunakan APD (Alat Pelindung Diri) serta mengawali dan mengakhiri semua kegiatan dengan doa. (Red)