Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Kamis, 17 September 2020, 18:39 WIB
Last Updated 2023-08-10T08:25:46Z
Edukasi | BudayaGaspol LekOpiniViral

Pengembangan Bahasa AUD Mengenal Huruf Melalui APE Kotak ALPHABET

Pengembangan Bahasa  AUD Mengenal Huruf  Melalui APE Kotak ALPHABET

Oleh : Fitriya

Anak adalah aset bangsa yang tak ternilai, generasi penerus bangsa yang akan menentukan keberhasilan suatu bangsa oleh karena itu pendidikan Anak Usia Dini sangatlah penting guna terciptanya kehidupan bangsa yang semakin maju, berpendidikan dan bermoral.

Perkembangan Anak Usia Dini (STPPA) adalah kriteria tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan. Sebagai guru dan orangtua penting sekali memberikan rangsangan pendidikan sehingga dapat membantu untuk mencapai tahapan perkembangan yang sesuai dengan usianya sehingga ia siap memasuki usia berikutnya.

Mengacu pada kurikulum standar tingkat pencapaian perkembangan pada peraturan menteri nomor 58 tahun 2009.Perkembangan yang dicapai merupakan aktualisasi semua potensi yang dimiliki anak yang diharapkan mampu dicapai oleh anak.Salah satu aspek perkembangan yang harus dimiliki dan dicapai oleh anak yaitu aspek perkembangan bahasa.

Pengembangan bahasa adalah meningkatnya kemampuan penguasaaan alat komunikasi, baik secara lisan maupun tulisan atau dengan isyarat. ( Sunarto dkk 137 ).

Seperti yang di kemukakan Moloeng (2003 : 26) dalam Nurbiana Dhieni dkk salah satu aspek yang harus dikembangkan pada anak – anak taman kanak – kanak adalah menyimak, berbicara, membaca dan menulis, dalam hal ini yaitu mengenal tahapan membaca yaitu dengan mengenal huruf.

Dengan menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain, anak akan mendapatkan banyak sekali kosa kata, sekaligus juga mengekspresikan dirinya. Selain itu, anak akan belajar bagaimana berpartisipasi dalam suatu percakapan dan menggunakan bahasanya untuk memecahkan masalah. (Winda, Lilis dan Azizah Muis,2008:231)

Menurut Hariyanto dalam Maysaroh (2018), pendidikan ditaman kanak – kanak sudah diperkenalkan abjad dari a sampai z, terutama bagi anak kelompok A (Usia 4-5 ) di Taman kanak- kanak.

Pembelajaran pengenalan keaksaran awal dilakukan dengan mengenalkan huruf – huruf vokal dan konsonan, anak akan memahami bentuk huruf dan selanjutnya dapat membentuk suku kata dan kata tertentu. Dalam pelaksanaanya, anak perlu dibimbing oleh guru sehingga kemampuan anak dalam membaca akan meningkat.

Upaya yang dilakukan oleh guru dan orang tua yaitu dengan memperkenalkan alat peraga edukatif sederhana dengan menggunakan barang – barang yang tidak terpakai seperti kardus dll.

Apa itu APE? Menurut Mayke Sugiono, T, dalam Hasnida alat permainan edukatif adalah alat permainan yang dirancang khusus untuk kepentingan pendidikan.

Jenis alat permainan edukatif anak TK beraneka ragam, salah satunya yaitu kotak Alphabet, yaitu kotak yang berisi huruf alphabet yang di buat dari potongan busa hati warna-warni yang berbentuk bulat, permainan ini di buat untuk anak berumur 5 tahun supaya lebih mudah mengenal huruf.

Alat dan bahannya: Kardus bekas, Kertas emas, Lem, Gunting, bolpoin, spidol,cutter,penggaris, kretekan baju. Sementara cara membuatnya, pertama bungkus kardus bekas dengan kertas manila menggunakan lem.Setelah itu buat potongan kardus dengan ukuran 23x3.Gunting busa hati berbentuk lingkaran dan tulis huruf- huruf pada lingkaran busa hati.Tempel kretekan baju di ata penutup kardus. Terakhir, susun huruf menurut abjad .

Cara bermainnya:
  1. Guru menunjukkan huruf yang ada di kotak alphabet.
  2. Guru memberikan contoh terlebih dahulu.
  3. Ambil gambar tempel di kretekan lalu ambil huruf yang ada di kotak alphabet sesuai bunyi hurufnya.
  4. Anak mempraktekkan sendiri sesuai gambar yang di inginkan atau huruf yang ingin di susun.

Tujuan penggunaan media ini yaitu :
  1. Membantu mendukung proses pembelajaran agar lebih menarik minat anak dalam bermain huruf.
  2. Memberikan kesempatan pada anak untuk memperoleh pengetahuan baru dan memeperkaya pengalamannya dengan berbagai alat permainan.
  3. Guru dan orang tua juga bisa menggunakan media ini untuk merangsang anak supaya lebih banyak mengenal huruf.

Pengembangan Bahasa  AUD Mengenal Huruf  Melalui APE Kotak ALPHABET

Dengan adanya penggunaan media kotak Alphabet ini diharapkan upaya pengembangan bahasa pada anak bisa tercapai dan anak tidak merasa terbebani dalam belajar yang mengharuskan dengan menggunakan buku dan pensil saja.

Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya anak PAUD.