Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, April 22, 2021, 15:13 WIB
Last Updated 2021-04-22T08:56:25Z
TubanViewerViral

Asmoro Qondi Cikal Bakal Wali Songo Di Tanah Jawa


TUBAN - Terletak di pesisir utara desa gesikharjo, kecamatan palang, kabupaten tuban. Masjid dan makam syeh maulana ibrahim asmoro qondi hingga kini masih berdiri tegak dengan relief dan hiasan kaligrafi berusia ratusan tahun. Sejumlah peninggalan bersejarah seperti petilasan, gapura, dan cungkup makam masih kokoh berdiri sebagaimana aslinya.

Dari sekian banyak peninggalan, hanya bangunan masjid asmoro qondhi yang sudah mengalami renovasi. Namun tidak mengurangi bentuk aslinya. Semacam jendela, pintu dan langit-langit masjid yang dipenuhi lafadz arab berbentuk kaligrafi ukir kayu jati kuno. Konon, masjid ini merupakan suatu tempat yang mustajabah.

Di samping kiri masjid terdapat sebuah sumur yang airnya diyakini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, selain sumur juga terdapat benda bersejarah seperti bedug, mimbar dan umpak.    

Benda-benda kuno bernilai sejarah ini merupakan peninggalan asli syeh maulana ibrahim asmoroqondi yang makamnya terletak di bagian barat masjid. Syeh maulana ibrahim asmoroqondi merupakan ayah sunan ampel  salah satu anggota majelis wali songo.

Konsep ajaran syeh maulana ibrahim asmoroqondi adalah sabar, nerima, ngalah, loman, akas dan temen. Memiliki makna mendalam bagi kehidupan umat manusia di muka bumi. Ajarannya tersebut, hingga kini masih menjadi panutan masyarakat, khususnya kaum muslimin.

Terbukti hingga kini, makam beliau masih banyak dikunjungi peziarah. Selain berziarah, dan mengenal situs islam. Mereka yang datang  kesini dalam rangka bertawasul atau instrospeksi diri dihadapan allah swt.

Dalam catatan sejarah para ulama salaf, syeh maulana ibrahim asmoroqondi merupakan wali tertua yang menjadi cikal bakal atau punjer para wali di tanah jawa. Beliau dikenal sebagai pelopor para wali di tanah jawa. Dari silsilahnya syeh maulana ibrahim asmoroqondi masih merupakan keturunan ke 9 nabi muhammad saw dari garis keturunan putri sayyidah fatimah dengan sayidina ali r.a.

Terkait silsilahnya ini, terdapat silang pendapat antar ulama. Sebagian ulama ada yang mengatakan asmoroqondi berasal dari samarkand, yakni negara perbatasan india dan rusia. Sedangkan ulama lainnya mengatakan asmoroqondi berasal dari negeri arab yang beristeri dewi condro wulan puteri raja champa. Dari keduanya maka lahirlah raden rahmad atau sunan ampel yang juga ayah dari sunan bonang tuban dan sunan drajad lamongan.