Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, April 9, 2021, 16:10 WIB
Last Updated 2021-04-09T09:10:38Z
BojonegoroViewerViral

Nikmatnya Sensasi Pedas Oseng-Oseng Bekicot Khas Bojonegoro


BOJONEGORO - Bekicot, mungkin di mata sebagian orang terlihat menjijikkan, namun jangan salah bekicot merupakan hewan yang kaya akan protein.

Di kabupaten bojonegoro, ada salah satu kuliner yang menyajikan hewan ini sebagai masakan yang lezat, salah satunya adalah warung 02 milik endah, warung ini berada di jalan raya bojonegoro-cepu. Tepatnya di desa ringinrejo kecamatan kalitidu, kabupaten bojonegoro.

Sudah sepuluh tahun lebih, endah di bantu oleh anggota keluarga nya menyediakan masakan yang berbahan dasar daging bekicot.

Yang datang ke warung ini silih berganti, dalam sehari warung ini dapat menghabiskan 3 kwintal bekicot mentah atau 30 hingga 35 kg daging bekicot, kebanyakan yang datang adalah kaum pria, bahkan ada yang rela datang dari luar kota hanya untuk mencicipi nikmatnya hewan berprotein tinggi ini.

Banyak yang mengatakan jika olahan daging bekicot ini sangat enak, terlebih jika di sajikan dengan oseng-oseng sambal yang gurih dan pedas.

Hewan moluska ini dipercaya dapat meningkatkan stamina pria, peminatnya yang banyak membuat warung ini tetap menjual daging hewan ini, meski cukup rumit pengolahannya.

Sebelum di masak, bekicot harus di pisahkan dari cangkangnya dengan cara di geprek menggunakan kayu, kemudian di rebus untuk menghilangkan lendirnya dan membuat dagingnya empuk.

Tak sampai disitu, daging yang sudah di rebus harus di cuci berulang kali hingga benar-benar bersih. Pengolahan masih berlanjut lagi.

Daging yang sudah bersih kemudian di rebus kembali hingga matang dan empuk. Setelah itu daging bekicot baru bisa oseng dengan bumbu yang sudah di siapkan.