Iklan

Sketsa Bengawan
Wednesday, April 28, 2021, 15:26 WIB
Last Updated 2021-04-28T08:36:18Z
Pojok PituViewerViral

Ratusan Santri Ponpes Jombang Mulai Mudik


JOMBANG - Antrian mudik santri ini terpantau di salah satu agen tiket bus jarak jauh yang ada di jombang. Salah satunya agen bus rosalia indah di jalan raya mojongapit kecamatan jombang.  Santri dari berbagai pesantren yang berasal dari sejumlah daerah di sumatera bergabung untuk bersama-sama naik bus yang sama. 
 
Santri luar pulau ini rata rata mudik mandiri karena tidak dilakukan oleh orangtua. Sekaligus pihak pesantren tidak menyediakan bus pengantaran.
 
Zulfa sofiana salah santri mengaku  mudik lebih awal  karena  untuk menghindari penyekatan yang akan dilakukan petugas kepolisian.  Dengan  melengkapi persyaratan yang telah ditentukan mereka bisa menumpang bus antar pulai. Selain menerapkan  protokol kesehatan,santri diwajikan  membawa surat bukti tes swab dengan hasil negatif covid-19 serta pengantar dari pesantren.
 
Akbp agung setyo nugrogo kapolres jombang  menjelaskan meskipun santri ramai-ramai mudik,  kepolisian tidak melarangnya. Petugas meminta seluruh santri   memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Toleransi yang diberikan petugas santri pulang kampung  sampai batas akhir tanggal 5 mei 2021.  
 
Gelombang santri mudik masih akan berlangsung hingga tiga hari ke depan. Sebab sejumlah pesantren baru akan mulai libur pada tanggal 30 mei 2021.