Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, April 23, 2021, 15:35 WIB
Last Updated 2021-04-23T09:25:12Z
TubanViewerViral

Tambang Batu Kapur Seluas 1 Hektar Di Tuban Runtuh


TUBAN - Seperti inilah detik-detik runtuhnya tambang batu di perbukitan kapur desa sawir, kecamatan tambakboyo, kabupaten tuban. Dalam video amatir warga ini terlihat jelas, tambang seluas satu hektar dengan kedalaman dua puluh lima meter runtuh disertai suara gemuruh.
 
Ambruknya lahan tambang milik warga tersebut, diduga akibat pilar penyangganya tidak mampu menahan atap tambang yang berat akibat resapan air hujan. Selain itu, warga menduga, runtuhnya tambang ini juga akibat getaran yang ditimbulkan dari peledakan untuk bahan baku di pabrik semen yang ada di tepi desa setempat.
 
Beruntung saat kejadian runtuh, tidak ada warga yang beraktifitas di lokasi, sehingga tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka. Paska kejadian, warga harus ekstra hati-hati untuk beraktifitas di sekitar lokasi, pasalnya sejumlah titik tebing juga mengalami keretakan.
 
Senada dengan warga, kepala desa sawir, imam safi’i, kecamatan tambakboyo, tuban, juga menduga runtuhnya tambang tradisional ini akibat getaran ledakan dari aktifitas tambang milik pabrik semen yang ada di tepi desanya.

Meski tidak ada korban jiwa, namun sedikitnya ada enam bangunan warga di dekat lokasi tambang runtuh yang terancam longsor. Kejadian tambang batu kapur runtuh di desa ini, merupakan peristiwa kedua. Kejadian pertama terjadi pada 2017 silam.