Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, May 11, 2021, 16:56 WIB
Last Updated 2021-05-11T09:56:06Z
TubanViewerViral

Kemplang, Suguhan Lebaran Dengan Rasa Khas Renyah-Gurih Pedas


TUBAN - Rusmini, warga desa bektiharjo, kecamatan semanding, kabupaten tuban, nampak sibuk. Produsen camilan tradisional untuk suguhan lebaran ini harus bekerja ekstra menyelesaikan pesanan yang terus datang sejak sepekan terakhir. Salahsatu yang banyak diminati adalah kemplang.

Kemplang merupakan camilan tradisional dengan rasa khas yang dibuat dari bahan baku utama terigu, telur, cabai, garam, dan mertega. Sesuai namanya, seluruh bahan ini dicampur menjadi satu, lalu dipukul-pukul dan dibanting ke atas meja. Setelah itu adonan dipotong tipis-tipis, lalu digoreng hingga matang.
 
Tingkat kepedasan kemplang dapat dipesan sesuai selera konsumen. Bagi mereka yang suka pedas bisa meminta campuran cabai lebih banyak. Bahkan ukuran lebar atau ketebalan juga bisa dibuat sesuai pesanan. Namun ketebalan akan mempengaruhi tingkat kerenyahan.

Jelang lebaran ini pesanan kemplang mulai berdatangan. Hingga kini sudah ada sepuluh kilogram pesanan yang diperoleh rusmini dari para tetangga. Harga yang ditawarkan cukup murah, yaitu rp30.000 per kilogram.

Rasanya yang khas renyah-gurih-pedas membuat kemplang banyak dicari masyarakat untuk suguhan lebaran. Keberadannya di meja tamu tidak kalah bersaing dengan jajanan modern.

Pesanan diperkirakan masih akan terus datang seiring mendekati lebaran. Biasanya sebelum pandemi, satu produsen bisa menerima pesanan sedikitnya satu kwintal kemplang. Namun memasuki pandemi jumlahnya turun drastis.