Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, May 3, 2021, 15:38 WIB
Last Updated 2021-05-03T09:14:31Z
BojonegoroViewerViral

Pengusaha Hantaran Pernikahan Banjir Order Di Malam Songo


BOJONEGORO - Jelang akhir bulan suci ramadan, pengusaha mahar untuk calon pasangan pengantin mengalami kenaikan omzet yang cukup signifikan dibanding hari biasa, kenaikan tersebut dipicu banyaknya pasangan pengantin yang melangsungkan pernikahan di hari ke 28 ramadan pada malam hari atau dikenal akrab dengan istilah malam songo.

Kenaikan omzet tersebut dialami oleh salah satu pengusaha mahar, reny dhesi ariastuti. Menjelang berakhirnya ramadan, ia kebanjiran order dari para calon pasangan pengantin yang memesan mahar padanya.

Di hari biasa dalam sebulan biasanya ia hanya mendapat pesanan sekitar 3 – 4 orang. Namun di momen ramadan seperti ini, jumlah tersebut bisa meningkat tiga kali lipatnya.

Hantaran pernikahan yang ia jual dengan harga berkisar antara 450 ribu hingga 1 juta 500 ribu rupiah per paketnya, atau 4 kotak hantaran per paketnya. Ia juga mengaku pemesanan tidak hanya dari bojonegoro namun ada juga dari luar daerah seperti gresik, lamongan, nganjuk dan tuban.

Pada bulan suci ramadan, umat islam percaya bahwa menikah di malam songo adalah hari yang baik. Oleh karena itu, banyak pasangan pengantin yang melangsungkan pernikahan pada hari itu. Di bojonoegoro sendiri ada 437 calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan di malam songo.