Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, June 4, 2021, 15:04 WIB
Last Updated 2021-06-04T08:04:33Z
Pojok PituViewerViral

Kursi Berbahan Limbah Eksis Di Tengah Pandemi


JOMBANG - Inilah kursi stool  ide kreatifitas  puji astutik,ibu rumah tangga asal  desa jatigedong kecamatan ploso jombang. Dari ide kreatifitas tersebut limbah bekas yang di pandang sebelah mata di sulap menjadi bernilai ekonomi nan tinggi.

Dengan mengajak  suami dan kakak kandungnya, perempuan ini  mengolah limbah box kardus yang didapatkan di sekitar rumahnya. Box kardus bekas dari masakan bumbu dapur yang memiliki ukuran  45 centimeter ini langsung di belah dengan mesin gerinda menjadi dua bagian.

Box berbentuk bundar ini bagian ujung potongan langsung ditutup dengan triplek dan dipasangi spon untuk menambah kenyamaannya. Sedang dibawahnya  di pasangi kaki kursi yang dibuat dari kayu hingga steanless. Sejumlah motif kain warna unik nan cantik dipasangkan di kursi hasil kreasinya.

Puji astutik mengakui idenya muncul saat  melihat di sekeliling rumah banyak limbah drum kardus yang tidak terpakai.  Dirinya kemudian mencoba memanfaatkan limbah tersebut menjadi kursi untuk rumahnya sendiri, saat barang jadi,sejumlah tetangganya banyak yang tertarik dan memesan. Dengan memanfaatkan pemasaran online,kini usahanya terus meningkat. Bahkan selama pandemi covid pemesanan mengalami peningkatan cukup tinggi.

Dalam setiap harinya dirinya bisa memproduksi lima belas pasang kursi stool. Pembuatan kursi stool tersebut ada dua macam jenis kursi yaitu yang pertama dengan menggunakan kaki-kaki  dari bahan kayu yang kedua kaki-kaki dari bahan steanleas.

Untuk harga satu kursi kaki-kaki dari bahan kayu mencapai 135 ribu rupiah,sedangkan yang berbahan dari steanles mencapai 170 ribu rupiah. Kursi ini sekarang sudah dipasarkan ke sejumlah pulai di jawa hingga luar jawa.