Iklan

Sketsa Bengawan
Saturday, June 5, 2021, 15:54 WIB
Last Updated 2021-06-05T08:54:34Z
TubanViewerViral

Melihat Wisata Edukasi Sagu Di Tuban,Tanamkan Anak Cinta Lingkungan


TUBAN - Pemandangan kebun sagu ini bukan berada di indonesia timur. Hamparan pohon sagu ini tumbuh subur sepanjang aliran sungai desa tahulu, kecamatan merakurak, kabupaten tuban. Namun bukan untuk ditebang dan diolah menjadi tepung, belantara sagu ini, kini disulap menjadi tempat wisata.

Tak hanya sekedar bertamasya, pengunjung juga bisa belajar tentang sagu. Sejumlah pemandu disiapkan untuk mendampingi dan mengajari pengunjung mengolah pohon sagu. Mulai proses penebangan, penumbukan, pembuatan tepung, hingga memasaknya menjadi makanan.

Setelah capek keliling perkebunan dan belajar membuat tepung sagu, pengunjung dapat mencicipi bubur sagu yang telah disiapkan pengelola wisata. Menyantap gurih-manis bubur sagu sambil menikmati sejuknya udara alam sekitar.

Para siswa mengaku senang dengan wisata edukasi sagu ini. Pasalnya, selain diperkenalkan tentang cinta lingkungan dan wawasan seputar pohon sagu serta proses pembuatannya. Anak-anak ini juga bisa mencicipi langsung sagu yang telah mereka buat.

Sementara itu, menurut guru yang mengantarkan rombongan anak-anak ke wisata edukasi sagu ini, kegiatan pembelajaran di luar kelas seperti ini sangat diperlukan. Selain untuk penanaman karakter cinta lingkungan, anak-anak juga mendapat banyak pelajaran tentang pentingnya merawat lingkungan.

Wisata berkonsep edukasi ini dikelola secara swadaya oleh kelompok sadar wisata pelang desa tahulu. Peminat wisata edukasi sagu ini didominasi rombongan sekolah di wilayah kabupaten tuban. Tarif dipatok secara paket antara rp75.000 sampai rp150.000 per orang, lengkap dengan makan siang dan bermain outbond.

Dalam wisata pelang, terdapat berbagai objek wisata selain edukasi sagu. Diantaranya kolam renang alami, perahu menyusuri aliran sungai, serta edukasi ikan.