Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, June 3, 2021, 15:42 WIB
Last Updated 2021-06-03T08:42:17Z
TubanViewerViral

Razia Pencari Sumbangan Ilegal, Sejumlah Anak-Anak Diamankan Petugas


TUBAN - Razia gabungan dari satpol PP, polisi, dinas sosial, serta lembaga perlindungan anak di kabupaten tuban, melakukan razia pencari sumbungan ilegal berkedok kotak amal, di wilayah tuban kota. Hal ini dilakukan, menyusul maraknya anak-anak mencari sumbangan.

Seorang anak gadis berkerudung merah muda ini menangis, saat hendak dinaikkan ke dalam mobil patroli satpolPP. Beberapa petugas wanita langsung berusaha menenangkan. Namun, perasaan takut membuat anak pencari sumbangan ini semakin menangis. Setelah dibuyuk rayu, anak ini akhirnya bersedia dibawa naik kendaraan patroli bersama kotak amal kayu yang dibawanya.

Petugas kemudian melanjutkan razia di titik lain di kawasan tuban kota. Terlihat para pencari sumbangan ilegal ini berjalan kaki menyusuri jalan protokol sambil membawa kotak amal bertuliskan nama musholah. Diduga praktik ini ilegal dan mengeksploitasi anak-anak.

Dalam razia ini petugas berhasil mengamankan tiga anak di bawah umur yang diduga dieksploitasi untuk mencari uang. Mereka selanjutnya didata dan diberi pembinaan di kantor satpol PP.

Orang tua masing-masing anak dipanggil petugas untuk diberi pembinaan. Jika eksploitasi mencari uang seperti ini terulang, maka sanksi tegas akan diberikan kepada para orang tua maupun orang sengaja memaksa anak-anak ini mencari sumbangan secara ilegal.