Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, July 13, 2021, 14:34 WIB
Last Updated 2021-07-13T08:27:52Z
Covid-19Edukasi | BudayaPojok PituViewerViral

Warga Ngawi Rubah Tanaman Pagar Jadi Olahan Makanan


Ngawi -  Tanaman beluntas yang biasa digunakan sebagai tanaman pagar sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. mulai dari mengurangi bau badan, mencegah kanker, mengobati hipertensi, mencegah penyakit TBC, dan mampu melancarkan menstruasi. Dengan manfaat yang positif bagi tubuh dan tanaman beluntas mudah ditemukan di sekeliling rumah.

 

Narsih, salah satu warga di Desa Grudo, Kecamatan, Kabupaten Ngawi ini sukses berinovasi untuk mengolah daun beluntas menjadi camilan stik beluntas. awal memiliki ide untuk membuat stik beluntas ini saat melihat tanaman beluntas di sekeliling rumah tumbuh subur dan melimpah. maka mencoba membuat olahan makanan dan aman di konsumsi.

 

Bahan yang digunakan dalam pembuatan stik ini cukup sederhana, yakni daun beluntas, tepung terigu, tepung maizena, telur, gula dan garam. dari bahan tersebut dicampurkan hingga merata. menurut narsih sehari pihaknya mampu memproduksi sebanyak 25 pcs stik beluntas yang tahan hingga tiga bulan.

 

Untuk penjualan saat ini hanya sebatas melalui media on line dan setiap kegiatan arisan. untuk harga sendiri juga sangat terjangkau yakni hanya di jual Rp. 6.000 untuk tiap 65 gram. (ito)