Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, August 13, 2021, 16:12 WIB
Last Updated 2021-08-13T09:12:02Z
Pojok PituViewerViral

Berawal Dari Iseng, Kerajinan Makrame Kini Jadi Pendulang Rupiah


NGAWI - Makrame adalah kesenian membuat anyaman simpul berbahan kain atau tali. Karena sifatnya yang dekoratif, maka makrame dapat digunakan sebagai hiasan rumah atau interior, untuk mempercantik rumah. Bahkan untuk ukuran yang kecil, bisa untuk aksesori busana .

Di kabupaten ngawi terdapat seorang wanita lajang yang mulai menekuni kerajinan makrame ini. Dia adalah devi aprilia yang juga masih seorang mahasiswi ini sudah mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hasil kerajinan makrame.

Menurut devi karena berawal dari tugas kuliah inilah ia mulai membuat kerajinan dari bahan rajutan. Yang kini ketika ditekuni menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Dalam membuat kerajinan makrame ini ia hanya membutuhkan benang, alat potong, laem dan korek api saja, namun dalam membuat kerajinan ini dibutuhkan keterampilan dan kreatifitas yang tinggi, karena ada beberapa teknik yang harus dikuasai dalam membuat makrame.

Sejumlah hasil karya hiasan makrame mulai dari tas, wall hanging, hiasan cermin, rak gantung, dan yang paling banyak diminati adalah gantungan kunci. Untuk sistem pemasarannya menggunakan sistem online atau melalui media sosial, karena lebih banyak peminatnya. Serta menggunakan sistem penjualan custom, atau membuat sesuai permintaan konsumen.

Untuk satu kerajinan makrame, harganya tergolong cukup murah, mulai dari 15 ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah , tergantung ukuran dan kerumitan saat membuat makrame tersebut.