Iklan

Sketsa Bengawan
Monday, August 16, 2021, 15:40 WIB
Last Updated 2021-08-16T08:40:24Z
TubanViewerViral

Tingkatkan Nasionalisme, Napi Di Lapas Tuban Rutin Kumandangkan Indonesia Raya


TUBAN - Sebuah pemandangan unik terlihat dalam lembaga pemasyarakatan kelas dua b kabupaten tuban. Begitu terdengar suara sirine setiap jam sepuluh pagi, seluruh penghuni lapas menghentikan segala aktifitas. Sesaat kemudian terdengar lagu Indonesia Raya berkumandang.

Baik narapidana maupun petugas lapas yang sedang bekerja langsung mengambil sikap berdiri. Tanpa komando, mereka serempak ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lagu kebangsaan inipun menggema hingga seluruh sudut lapas. Suasana ini pun bikin merinding pengunjung.

Meski terkesan sederhana, namun menyanyikan lagu kebangsaan setiap hari ini dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri narapidana. Mereka yang hampir lupa, dapat mengingat kembali dan merasa memiliki negri ini.

Menyanyikan lagu kebangsaan ini merupakan salahsatu bagian program lapas tuban untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dalam diri narapidana. Program ini baru berjalan sekitar dua bulan, tepatnya sejak awal juni 2021.

Selain mengumandangkan Indonesia Raya pada hari selasa dan kamis, pihak lapas juga mengajak narapidana upacara bendera di hari senin. Lalu pada hari rabu dan sabtu membaca teks pancasila, sementara hari jumat melantunkan lagu padamu negeri.

Menyambut hari kemerdekaan ri ke-76 ini para narapidana juga diajak menghias lingkungan lapas. Diantaranya memasang bendera merah putih dan sejumlah atribut lain, yang dapat menumbuhkan rasa nasionalisme.