Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, September 9, 2021, 14:10 WIB
Last Updated 2021-09-09T07:13:16Z
LamonganViewerViral

Dana BOS Ditarik, Ratusan Sekolah Di Lamongan Terancam Tutup


LAMONGAN - Rencana penarikan dana BOS yang akan dilakukan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan, membuat ratusan sekolah dasar di kabupaten lamongan terancam tutup. Jika rencana tersebut terealisasi, salah satunya yang terdampak adalah sekolah dasar ngujungrejo, kecamatan turi, kabupaten lamongan.

Sekolah dasar ini, tercatat total hanya memiliki 28 siswa, mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Sedangkan peraturan dari kemendikbud, jumlah murid dalam sekolah dasar yang menerima BOS mempunyai murid diatas 60 siswa.

Selain minim siswa, sekolah dasar ngujungrejo kondisi juga memprihatinkan. Bangunan sekolah terlihat rusak, mulai dari lantai, plafon hingga tembok bangunan. Selain sd ini, sebanyak 200 sekolah dasar lain di lamongan juga terancam tutup, akibat jumlah muridnya kurang dari 60 siswa.

Menurut munif syarif, pj kepala dinas pendidikan kabupaten lamongan, rencana mendikbud menarik dana BOS untuk sd yang tidak memenuhi syarat sudah ia ketahui. Namun, terkait waktu dan pelaksanaannya masih menunggu petunjuk teknis.