Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, September 28, 2021, 14:26 WIB
Last Updated 2021-09-28T07:51:19Z
TubanViewerViral

Rumah Isoter Kosong, Petugas Jaga Tetap Dapat Honor Dan Makan


JOMBANG - Salah satu rumah sehat atau rumah isolasi terpadu atau isoter, pasien covid 19 yang sudah tidak berpenghuni ini ada di kecamatan gudo jombang. Sekolah taman kanak kanak yang disulap jadi rumah isolasi ini sudah tidak ditempati sejak beberapa hari terakhir. Di dalam ruangan hanya tampak tempat tidur kosong.

Sejumlah petugas yang terdiri dari kepolisian,tni,petugas kecamatan dan perangkat desa serta tenaga medis setiap harinya berjaga di depan rumah isoter tersebut. Mereka semua tetap mendapatkan jatah makan dan honor dari anggaran yang sudah disediakan.

Thonsom pranggono camat gudo mengatakan sudah beberapa hari ini rumah isoter yang dikelolanya kosong tidak berpenghuni. Hal ini dikarenakan kasus pasien covid 19 sudah  turun dan tidak ada pasien yang menempati. Untuk kebutuhan isoter tersebut setiap hari,seluruh penjaga mendapatkan honor sekitar 100 ribu dari anggaran btt yang sudah dianggarkan.

Sementara budi winarno, juru bicara satgas covid 19 kabupaten jombang memastikan, seluruh biaya operasional petugas rumah isoter masih diambilkan dari dana yang ada. Tenaga tersebut memang disiagakan untuk berjaga jika sewaktu waktu ada pasien covid 19 yang bersedia menempati rumah isolasi.

Ditambahkan budi,rumah isoter ini akan ada seiring dengan ppkm yang masih diberlakukan pemerintah. Pihaknya akan mengevaluasi  keberadaan rumah isoter  jika memang tidak dibutuhkan. Saat dari 21 rumah isoter hanya sekitar empat rumah isoter yang ada penghuninya,lainnya sudah kosong.