Iklan

Sketsa Bengawan
Tuesday, September 28, 2021, 14:49 WIB
Last Updated 2021-09-28T08:17:39Z
LamonganViewerViral

Sungai Bengawan Solo Lamongan Tercemar Limbah


LAMONGAN - Air sungai bengawan solo yang melintasi kabupaten lamongan, sejak seminggu terakhir tercemar limbah. Air sungai terpanjang di pulau jawa ini berubah warna menjadi coklat kehitam-hitaman.

Perubahan warna air sungai  bengawan  solo ini terjadi  sepanjang di tiga kecamatan yaiitu kecamatan babat, kecamatan maduran, dan  kecamatan laren. Kondisi terparah salah satunya seperti yang terjadi di desa plangwot, kecamatan laren, lamongan.

Warga di bantaran das bengawan solo merasa kesehatan masyarakat yang menggantungkan konsumsi air terancam. Juga petani yang mengandalkan irigasi.

Pencemaran yang diduga berasal dari limbah ini, sudah masuk di kawasan setempat seminggu terakhir. Dalam tiga hari terakhir, pencemaran makin terlihat, lantaran warna air sungai terlihat keruh berwarna coklat kehitam-hitaman.

Akibat limbah ini, tanaman padi yang menggantungkan irigasi dari sungai bengawan solo, terlihat layu dan mati. Padahal, padi berusia dua minggi ini telah dilakukan pemupukan lebih. Namun, tanaman padi tetap tidak normal seperti biasanya.
 
Warga berharap pihak terkait mampu menanggulangi pencemaran limbah di das bengawan solo. Sehingga, penggunaan air di bengawan solo segera normal kembali.