Iklan Beranda

Sketsa Bengawan
Senin, 18 Oktober 2021, 15:36 WIB
Last Updated 2021-10-18T09:44:57Z
Pojok PituViewerViral

Kreasi Bonsai Kelapa Unik Berbentuk Hewan



TULUNGAGUNG - Di sela kesibukannya mengelola warung di desa karangtalun, kecamatan kalidawir, tulungagung. Narto sabdo, berkreasi dengan membuat bonsai kelapa karakter. Di tangan pria 49 tahun ini, bonsai kelapa menjadi semakin unik karena diukir dan dibentuk berbagai rupa hewan, seperti ayam, burung, kura-kura dan gurita.

Untuk membuat karakter hewan pada bonsai kelapa, narto memanfaatkan bagian-bagian sabut kelapa. Tubuh karakter hewan dibuat dari sabut kelapa yang diukir atau ditempel, sedangkan untuk bulu ayam atau burung terbuat dari kulit luar sabut kelapa. Menurut narto, dalam proses pembuatan bonsai kelapa karakter ini , yang paling sulit adalah detail bentuk. Untuk membentuk satu bonsai kelapa karakter, dibutuhkan waktu antara 2 hingga 7 hari.

Narto mengaku, usaha kerajinan bonsai kelapa karakter ini berawal dari keisengannya tiga tahun lalu. Foto karya pertamanya yang diunggah di media sosial, menarik perhatian banyak orang hingga kemudian memesan.

Selama ini narto memanfaatkan media sosial facebook untuk memasarkan bonsai kelapa karakter hasil karyanya. Selama ini pesanan banyak berdatangan justru dari kota-kota di jawa barat dan jawa tengah, diantaranya jakarta selatan, tangerang, grobogan dan yogyakarta. Satu tanaman bonsai kelapa karakter karya narto ini, dijual antara 250 ribu hingga 600 ribu rupiah, tergantung tingkat kerumitan dan kedetailan karakter.