Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, October 29, 2021, 15:03 WIB
Last Updated 2021-10-29T08:07:32Z
Pojok PituViewerViral

Makam Gus Dur Kembali Dibuka Untuk Umum



JOMBANG - Makam kyai haji abdurahman wahid yang berada di dalam komplek pondok pesantren tebuireng jombang akan segera  dibuka. Pondok pesantren sudah mengeluarkan pengumuman resmi makam akan dibuka pada 1 november 2021 besok.
 
Makam gus dur dan para masyayih nu ini ditutup untuk umum pada maret 2020 lalu. Saat virus corona melanda pihak pesantren langsung mengambil keputusan menutup kawasan makam untuk umum.
 
Kyai haji lukman hakim mudir ponpes tebuireng mengatakan, keputusan membuka kembali karena kondisi pandemi sudah terkendali. Selama dibuka akses peziaran  akan dibatasi hanya untuk 15o orang dan dibuka di jam 08.00 sampai 13.30  siang. Selebihnya  hanya diperbolehkan berada di luar kawasan makam.
 
Sejumlah pedagangpun menyambut positif rencana kembali dibukanya area makam pesantren. Mereka berharap wisata religi kembali bisa normal dan  pedagang bisa kembali berjualan secara normal.
 
Sebelum pandemi makam gus dur memiliki magnet besar bagi peziarah. Ribuan peziarah setiap hari hilir mudik untuk berdoa dimakam presiden ri ke empat dan sang kakek kh hasyim asyari.