Iklan

Sketsa Bengawan
Thursday, October 21, 2021, 15:49 WIB
Last Updated 2021-10-21T09:08:52Z
TubanViewerViral

Solar Subsidi Langka, Sebabkan Antrian Panjang Di SPBU Tuban



TUBAN - Antrian kendaraan terjadi di sejumlah spbu wilayah kabupaten tuban, pada kamis pagi. Puluhan kendaraan berbahan bakar solar mengantri hingga keluar jalan raya. Diantaranya seperti yang terpantau di spbu sleko di kelurahan gedongombo, dan spbu gesing, di desa gesing, kecamatan semanding, kabupaten tuban.
 
Para pemburu solar menyerbu spbu yang masih memiliki stok solar. Mereka bahkan rela mengantri hingga berjam-jam, demi mendapat jatah bahan bakar untuk kendaraannya.

Sebab, beberapa spbu yang sempat disinggahi selama perjalanan mengalami kekosongan stok solar. Akibatnya, banyak kendaraan terancam kehabisan bahan bakar di jalan.
 
Kondisi ini tak hanya terjadi pada spbu dalam kota, spbu-spbu sepanjang jalur provinsi dan jalur nasional pantura diketahui juga mengalami kelangkaan.

Kelangkaan bbm jenis solar ini telah berlangsung sejak sepekan terakhir. Di spbu pakah, kecamatan plumpang, tuban misalnya, sudah hampir sepekan tidak mendapat pasokan solar dari pertamina. Padahal biasanya mereka dapat kiriman mencapai delapan sampai enam belas kiloliter solar per hari.
 
Ketiadaan pasokan solar membuat pengelola spbu terpaksa mematikan mesin pompa solar. Mereka hanya melayani pembelian pertalite dan pertamax.
 
Meski tidak memiliki stok solar, namun pengelola spbu tidak memasang papan pengumuman. Akibatnya, banyak pengendara yang harus putar balik, karena terlanjur masuk area spbu.