Iklan

Sketsa Bengawan
Friday, October 8, 2021, 16:15 WIB
Last Updated 2021-10-08T09:45:08Z
Pojok PituViewerViral

Tradisi Rebutan Gunungan Sedekah Bumi



JOMBANG - Puluhan warga di  desa jatiwates kecamatan tembelang  kabupaten jombang langsung merangsek ke tengah tumpeng gunungan hasil bumi. Mereka terlibat aksi saling berdesakan untuk berebut  hasil bumi yang di susun menyerupai tumpeng raksasa.
 
Sebelum diperebutkan, tumpeng raksasa hasil bumi ini  diarak keliling desa. Satu tumpena raksasa berada di posisi paling depan. Kemudian diikuti hasil bumi padi dan jagung. Ditutup  dengan aneka makanan tumpeng siap saji kiriman warga sekitar. Seluruh hasil bumi ini di arak ke makam leluhur sang pembabat tanah desa tersebut.
 
Usai dilakukan doa oleh sang sesepuh desa, seluruh tumpeng langsung dinikmati bersama. Mereka sebagian membawa pulang makanan sebagian langsung menyantap aneka tumpeng di makam leluhur mereka. Kegiatan yang digelar lembaha ada desa onto kusumo ini mewajibkan seluruhnya memakai masker.
 
Wakil bupati jombang sumrambah yang membuka sedekah desa mengatakan tradisi ini sudah menjadi tradisi leluhur sebagai bentuk mensyukuri nikmat allah swt. Tradisi ini harus dijaga bersama sebagai budaya kearifan lokal desa.
 
Pemerintah daerah berencana kegiatan sedekah desa ini diadakan secara masal. Meskipun sempat tertunda karena pandemi,saat ini sejumlah kegiatan sudah mulai kembali digelar. Dalam kegiatan tersebut semua warga diminta untuk tetap memakai masker untuk menghindari adanya penularan covid 19.